Picture Book Visualisasi Multikulturalisme Untuk Anak Usia 7-9 Tahun

Authors

  • Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/qualia.11.6

Keywords:

Multikultural, Buku Bergambar, Anak, Tahap Skema

Abstract

Penciptaan karya seni rupa ini berfokus pada penanaman multikultural melalui picture book yang bertemakan kesatuan dalam keberagaman. Tujuan penelitian ini yaitu sebagai komunikator bagi anak-anak akan pentingnya memiliki sikap toleransi di tengah realita multikultural negara Indonesia. Penelitian ini berlandaskan teori multikultural yang mencakup ras, suku bangsa, agama, konflik dan solusi multikultural, ilustrasi, elemen artistik, elemen desain, dan teori perkembangan anak tahap skematik (7-9 tahun). Anak pada tahap tersebut telah memiliki kesadaran dan empati yang mulai berkembang terhadap lingkungannya, sehingga cocok untuk diberi pengetahuan terhadap toleransi keberagaman budaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi tren produk sejenis, melakukan studi teori, mengumpulkan referensi gaya ilustrasi dan karakter. Berbagai eksplorasi dilakukan antara lain eksplorasi karakter utama, karakter pendukung, layout, serta cover (sampul). Setelah proses tersebut dilanjutkan dengan membuat storyboard, membuat sketsa, dan pemberian line-art dengan teknik manual. Pewarnaan hingga tahap penyusunan layout dilakukan dengan teknik digital. Eksplorasi keunikan dan keberagaman bangsa Indonesia tersebut dapat mengembangkan kompetensi berkarya. Pendidikan multikultural disampaikan melalui picture book berupa cerita dan ilustrasi yang menarik. Karya picture book berupa dua buku seri dengan judul Melukis Persahabatan dan Liem Tidak Sendiri diharapkan dapat memberi makna persahabatan dan toleransi di lingkungan anak.

Published

2022-09-08

How to Cite

Aisyia, & Mudjiati. (2022). Picture Book Visualisasi Multikulturalisme Untuk Anak Usia 7-9 Tahun. Qualia: Jurnal Ilmiah Edukasi Seni Rupa Dan Budaya Visual, 1(1), 42–47. https://doi.org/10.21009/qualia.11.6

Issue

Section

Articles