Konsep Visual Sign System Outdoor Bertema Ornamen Betawi Di Kampus A Universitas Negeri Jakarta

Authors

  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/qualia.21.1

Keywords:

Outdoor Sign system, not eye level, Betawi Ornament

Abstract

Kebutuhan sign system luar-ruang di Universitas Negeri Jakarta sangat diperlukan terlebih untuk tamu yang baru pertama kali datang. Dikarenakan desain signage kurang menarik, penempatan kurang optimal, seperti terlalu tinggi dan tidak eye level. Maka dari itu, perupa mengambil Skripsi Penciptaan Karya Seni Rupa dengan judul “Desain Sign system Luar-Ruang Bertema Ornamen Tradisional Betawi Di Universitas Negeri Jakarta”. Bertujuan untuk memperbaharui sign system yang sudah ada di Universitas Negeri Jakarta dengan mengangkat ornamen tradisional Betawi sebagai identitas, berdasarkan lokasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan survey lapangan, kuesioner dan eksplorasi yang dianalisis menggunakan teknik analisis etnografis. Hasil dari penelitian berdasarkan analisis karya, desain sign system dirancang mampu mempermudah pengunjung dan sivitas akademika Universitas Negeri Jakarta untuk mengetahui lokasi-lokasi yang ada di dalam lingkungan kampus. Dengan desain sign system yang mengangkat tema kebudayaan lokal di tempat Universitas Negeri Jakarta berada, yaitu Kembang Kelapa. Terinspirasi dari ombak yang berada di Pantai Sunda Kelapa. Merupakan salah satu ikon budaya Betawi berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 11 Tahun 2017, ayat 2. Ikon Kembang Kelapa dideformasi bentuk aslinya tanpa menghilangkan makna yang terkandung di dalamnya menjadi ornamen.

Published

2022-04-25

How to Cite

Yudanio Yaka, Zaitun Y.A, & Indro. (2022). Konsep Visual Sign System Outdoor Bertema Ornamen Betawi Di Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Qualia: Jurnal Ilmiah Edukasi Seni Rupa Dan Budaya Visual, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.21009/qualia.21.1

Issue

Section

Articles