Pendidikan Budi Pekerti Dalam Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Implementasi Nilai Karakter Anak Usia 7-9 Tahun

Authors

  • Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/qualia.22.8

Keywords:

Pendidikan Karakter, Anak Usia 7-9 Tahun, Ilustrasi Digital

Abstract

Budi pekerti berhubungan dengan moral kelakuan yang baik, penting diajarkan kepada anak-anak. Menurut Joko Sulianto (2014), secara umum anak-anak sangat suka cerita. Maka perupa buat buku cerita bergambar untuk mengajarkan budi pekerti karena melalui membaca anak usia 7-9 tahun mampu merekam dan meniru apa yang mereka lihat. Buku cerita bergambar ini diharapkan bantu orang tua, guru, ataupun anak agar memiliki sifat budi pekerti baik. Metode penelitian penciptaan buku ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk meneliti pentingnya pendidikan budi pekerti untuk anak usia 7-9. Pembuatan produk buku ini menggunakan teknik ilustrasi desain digital dicetak menjadi sebuah buku full colour print ukuran A5. Selain buku ini juga dapat dijangkau di gadget: bit.ly/belajarberbuatbaik. Ilustrasi ceritanya memiliki lima amanah yaitu memiliki rasa empati, rendah hati, cerdas dalam berpikir dan bertindak, memiliki sikap saling menghormati, dan sikap mandiri.

Published

2023-10-26

How to Cite

Sheba Emmanuel. (2023). Pendidikan Budi Pekerti Dalam Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Implementasi Nilai Karakter Anak Usia 7-9 Tahun. Qualia: Jurnal Ilmiah Edukasi Seni Rupa Dan Budaya Visual, 2(2), 88–92. https://doi.org/10.21009/qualia.22.8

Issue

Section

Articles