Upaya Peningkatan Program Seni Berbasis Ramah Lingkungan Dengan Pendekatan Model CTL di Kampung Rawa Sari Depok
Kata Kunci:
Ecoprint, Ramah Lingkungan, Remaja, CTL (Contextual Teaching and Learning)Abstrak
Terdapat berbagai program kesenian sebagai upaya mendukung kelestarian lingkungan yang dapat ditingkatkan. Salah satu program yang dimaksud yaitu kesenian ecoprint. Ecoprint merupakan seni yang menggunakan bahan alam dilakukan dengan teknik khusus pada kain. Kegiatan tersebut menarik dan dapat dengan mudah dilakukan terutama bagi kalangan remaja di Rawa Sari Depok. Program ecoprint pada penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model CTL. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pelatihan dalam membuat karya ecoprint berbasis ramah lingkungan dengan menerapkan model pembelajaran CTL (contextual Teaching and Learning). Terdapat 7 komponen pembelajaran CTL yang dapat diimplementasikan pada penelitian, diantaranya yaitu: (1) konstruktivisme, (2) menemukan (inquiry), (3) bertanya, (4) masyarakat belajar, (5) pemodelan, (6) refleksi, dan (7) penilaian yang sebenarnya. Metode pembelajaran yang diaplikasikan adalah metode demonstrasi secara langsung. Selain untuk mengembangkan dan menganalisis efektifitas model pembelajaran CTL, kegiatan pelatihan ecoprint dikembangkan untuk mengasah kreativitas dan keterampilan pada remaja dengan rentang usia 12-14 tahun di Kampung Rawa Sari Depok di masa pandemi. Kegiatan pelatihan berkarya ecoprint dirancang sebagai agenda seni ramah lingkungan yang dapat dilakukan masyarakat maupun sekolah.