Analisis Seni Gambar Kaligrafi Santri Madrasah Aliyah Kelas XI Usia 16-17 Tahun di Pesantren Al Aulia Bogor Barat

Penulis

  • Safira Putri Universitas Negeri Jakarta
  • R.A Ataswarin Oetopo Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/qualia.31.10

Kata Kunci:

Analisis, Karya Seni, Gambar Kaligrafi Al-Quran, Ekstrakurikuler

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis seni gambar kaligrafi, serta untuk menemukan makna dari setiap ayat Al-Qur'an dalam karya dan implementasinya. Hal itu berdasarkan latar belakang fakta bahwa Faktor dalam menggambar kaligrafi lebih mendukung kegiatan baca tulis Qur’an atau dapat mendukung program tahfiz Qur’an serta dapat menjadi bahan dalam berdakwah, meningkatkan karakteristik anak santri/santriawati menjadi lebih baik yang berpedoman pada kitab Al-Qur’an. Teori yang digunakan untuk penelitian ini di antaranya adalah teori menurut Nasir tentang definisi lembaga keagamaan, teori menurut Hakim tentang model pendidikan pesantren, Victor Lownfeld tentang “Creativity and Mental Growth”, masa perkembangan seni rupa pada usia 16-17 tahun, teori Al-Faruqi membahas tentang bacaan Al-Qur’an dan khat, serta teori Susanto tentang definisi kaligrafi. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Jenis analisis yang digunakan yaitu analisis formalistik menggunakan teori menurut Aliakbari dan Hatami tentang "The Role of Calligraphy in Islamic Art and Its Interpretation", serta analisis konten menggunakan teori menurut Stokstad dan Cothren  serta teori dari Sheila S. Blair dan Jonathan M. Bloom. Hasil dari penelitian ini terdapat beberapa karya santri yang masih pemula dalam teknik membuat dekorasi gambar kaligrafi. Faktor penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler kaligrafi Al-Qur'an di Pondok Pesantren Al-Aulia adalah keterbatasan waktu dengan kegiatan pesantren lainnya. Adapun faktor pendukungnya adalah Santri, Pembina Pondok Pesantren, Pembimbing Ekstrakurikuler. Rekomendasinya adalah pentingnya dalam meningkatkan dan mengoptimalkan kreativitas santri. Bagi pembimbing ekstrakulikuler kaligrafi diharapkan memanfaatkan media teknologi, agar santri lebih cepat dalam perkembangan ilmu kaligrafinya serta menjadikan referensi untuk penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan analisis seni gambar kaligrafi pada santri.  

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-25

Cara Mengutip

Putri, S., & Oetopo, R. A. (2023). Analisis Seni Gambar Kaligrafi Santri Madrasah Aliyah Kelas XI Usia 16-17 Tahun di Pesantren Al Aulia Bogor Barat. Qualia: Jurnal Ilmiah Edukasi Seni Rupa Dan Budaya Visual, 3(1), 63–68. https://doi.org/10.21009/qualia.31.10

Terbitan

Bagian

Articles