Peningkatan Kreativitas Dan Keterampilan Anak Usia 9 – 11 Tahun Melalui Eksplorasi Kolase Pada Gambar Di Sanggar Kosmi Jagakarsa
DOI:
https://doi.org/10.21009/qualia.32.3Kata Kunci:
Kreativitas, Anak Usia 9-11 Tahun, PjBL, Kolase, GambarAbstrak
Penelitian yang ada di Sanggar Kosmi mengacu pada perlunya inovasi dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak di Sanggar Kosmi. Para peserta anak kurang menunjukan kreativitas dan keterampilannya secara optimal dikarenakan hasil pembuatan karya hanya berfokus pada objek yang sudah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan imajinasi, potensi kreatif, dan keterampilan dalam berkarya seni rupa yang dimiliki anak, memahami kualitas pembelajaran media kolase dengan metode eksplorasi yang dilaksanakan di Sanggar Kosmi, memberikan pengalaman baru terhadap variasi karya kolase pada gambar, mengembangkan efektivitas media Handout dan PPT serta model pembelajaran PjBL dalam kegiatan pembelajaran kolase pada gambar. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan partisipan berjumlah 5 orang. Penilaian karya kolase pada gambar dibagi menjadi 4 kategori yaitu: kategori sangat baik, kategori baik, kategori cukup baik, dan kategori kurang baik. Penilaian karya berdasarkan kemampuan kreativitas dan keterampilan anak dengan menggunakan tabel penilaian modifikasi Brent G. Wilson. Terdapat 10 hasil karya peserta didik dalam kegiatan membuat kolase pada gambar menggunakan bahan alam dan sintetik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kemampuan dalam membuat kolase pada gambar pada anak usia 9-11 tahun di Sanggar Kosmi cukup berhasil dalam bereksplorasi bahan dan teknik kolase, serta pemanfaatan model PjBL menggunakan Handout dan PPT pengembangan tema sangat membantu dalam proses pembelajaran, sehingga perlu dikembangkan kembali lebih lanjut agar dapat dipelajari oleh banyak kalangan dan menjadi kegiatan pembelajaran atau pelatihan yang dapat direkomendasikan sebagai kegiatan yang bermanfaat.
Referensi
Agustina, N. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.
Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi perkembangan pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Anyan, B. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft. Powerpoint. Journal Education and Technology, 16.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasi nya pada kurikulum 2013 (Kurikulum tematik integratif/TKI), Jakarta: Prenada Media Group.
Azhar Arsyad. (2011). M edia pembelajaran. Jakarta : Rajawali pers.
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project- base learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Jurnal UPI, 213-223.
Hanafiah, N. (2012). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.
Hendriani, Dita. (2016). Pengembangan seni budaya dan keterampilan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Hurlock, Elizabeth. B. (1980). Psikologi perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ihsan Maulana, F. M. (2019). Pengembangan kreativitas anak usia dini di era revolusi 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1141-1149.
Indra Bastian, d. (2018). Metoda wawancara . Research Gate, 7.
Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana.
Luthfiyah, M. F. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, Tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Masganti Sit, K. d. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini: Teori dan praktik. Medan: Perdana Publishing.
Munandar, Utami. (1999). Kreativitas dan keberbakatan strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Muniroh, A. (2015). Penerapan model problem-based learning di madrasah: Penerapan model problem-based learning di madrasah. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.
Nining Mariyaningsih, M. H. (2018). BUKAN KELAS BIASA: Teori dan praktik berbagai model dan metode pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group.
Rayandra Asyar. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: gaung persada press.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta CV
Syaful Bhari Dzamarah dan Arswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Edisi Revisi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Laynafira Nahlia Hendra, Caecilia Tridjata Suprabanindya

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.