Strategi Perencanaan Promosi Efektif Untuk Meningkatkan Kunjungan Di NUART Sculpture Park

Penulis

  • Andini Putri Pramuditha Pramuditha Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Setiawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lutfi Khoerunnisa Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/qualia.32.06

Kata Kunci:

Promosi, Galeri, Nuart Sculpture Park

Abstrak

NuArt Sculpture Park menjadi salah satu galeri seni yang memiliki potensi untuk berkembang dengan pesat melalui strategi promosi yang tepat. NuArt Sculpture Park merupakan salah satu galeri seni atau taman patung seluas 3 hektar yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat dan dikelola secara pribadi oleh I Nyoman Nuarta, seorang pematung yang lahir di Bali pada tanggal 14 November 1951. Galeri ini memamerkan berbagai karya seni patung hasil karya dari seniman Nyoman Nuarta. Dengan berbagai jenis karya yang dipamerkan Nuart Sculpture Park mampu berkembang secara pesat dengan melakukan promosi yang efektif untuk menarik perhatian masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui promosi yang dilakukan oleh NuArt Sculpture Park serta promosi yang efektif untuk kedepannya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif dengan pencarian data berfokus pada observasi serta kajian literatur penelitian ini memberikan gambaran mengenai strategi promosi. Hasil penelitian membuktikan bahwa NuArt Sculpture Park cenderung melakukan promosi di media sosial hanya menggunakan akun Instagram, meskipun galeri ini memiliki akun media sosial lainnya di twitter dan youtube. Dalam hal promosi dapat disimpulkan bahwa NuArt Sculpture Park masih belum mengelola pasar online dengan baik dan belum mengelola akun yang dimilikinya secara bersamaan serta konsisten. Untuk mengatasi hal tersebut, NuArt Sculpture Park perlu memahami dan mengelola akun media sosial dan mengemas informasi promosi menjadi konten yang unik dan kreatif.

Referensi

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif Kualitatif pada distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43–54. http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/17

Christina, D. (2017). Pengaruh Destination Personality terhadap Behavioral Intention Wisatawan di NuArt Sculpture Park. (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/id/eprint/30892

Fajriyah, A. (2021). Peran Manajemen Pengetahuan dalam Kepemimpinan Lembaga Informasi. LibTech: Library and Information Science Journal, 2(2), 10–20. https://doi.org/10.18860/libtech.v2i2.17136

Kristiutami, Y. P., Brahmanto, E., & Pirastyo, S. P. (2019). Implementasi Kebijakan Terhadap Persepsi Konsumen Nuart Sculpture Park sebagai Destinasi Wisata Minat Khusus. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 13(3), 23–34. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v13i03.30

Luthfiyah, F. (2016). Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan. El Idare, 1(2), 189–200. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/elidare.v1i2.676

Ngabito, O. F. (2020). Pengelolaan Galeri Seni Langgeng Art Space dan Cemeti Art House di Yogyakarta. Jurnal Tata Kelola Seni, 6(1), 43–52. https://doi.org/10.24821/jtks.v6i1.4114

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Vania Santoso. (2014). Perancangan Galeri Seni Lukis Ivan Hariyanto di Surabaya. Jurnal Intra, 2(2), 14–19.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-25

Cara Mengutip

Pramuditha, A. P. P., Setiawati, L. S., & Khoerunnisa, L. K. (2023). Strategi Perencanaan Promosi Efektif Untuk Meningkatkan Kunjungan Di NUART Sculpture Park. Qualia: Jurnal Ilmiah Edukasi Seni Rupa Dan Budaya Visual, 3(2), 109–119. https://doi.org/10.21009/qualia.32.06

Terbitan

Bagian

Articles

Kategori