Analisis Pembelajaran Membatik Peserta Sanggar Bstik Kembang Mayang Di Kota Tanggerang
DOI:
https://doi.org/10.21009/qualia.32.10Kata Kunci:
Pembelajaran Membatik, Batik, Sanggar Batik Kembang MayangAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung pada pembelajaran membatik sehingga pembelajaran membatik di Sanggar Batik Kembang Mayang dapat lebih berkembang lagi. Metode penelitian yag digunakan metode kualitatif dengan pendekatan study kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian direduksi. Adanya penelitian ini bertujuan kreativitas dan keterampilan peserta Sanggar Batik Kembang Mayang dapat berkembang selain dari pada itu penelitian ini menganalisis terkain faktor pendukung dan penghambat pembelajaran membatik peserta Sanggar Batik Kembang Mayang. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan study kasus, dengan mengumpulkan data melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara pihak sanggar maupun peserta. Kemudian data diolah dengan teknik trianggulasi. Alat ukur yang digunakan untuk menilai mengacu pada delapan aspek pembelajaran. Hasil dari penelitian menunjukan terdapat beberapa aspek pembelajaran yang digunakan dianataranya adanya peserta dan pendidik, penggunaan materi pembelajaran, metode pembelajaran yang dikalaborasikan, serta evaluasi. Aspek tersebut merupakan aspek pendukung, sedangkan aspek penghambat diantaranya tujuan pembelajaran, kurikulu, dan media pembelajaran. Adapun hasil evaluasi karya peserta mencapai 86.
Referensi
Anggiasari, Yunita. 2015. Batik Gringsing Kebumen. Universitas Negeri Yogyakarta.(eprint.uny.ac.id, 08 Januari 2022)
Annurahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hayani, Nur. 2016. Peranan Sanggar Oemah Bejo Dalam Pendidikan Karakter Kemandirian Anak di Desa Randegan Kecamatan Wongon Kabupaten Banyumas. Universitas Negeri Semarang. (lib.unses.ac.id, 03 Januari 2023).
Mulyasa, E. 2007. Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, M Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: remaja rosdakarya.
Rahyubi, heri. 2012.Teori-teori belajaran dan Aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media. (Academia.edu, 24 Agustus 2023).
S.C. Utami Munandar. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Septiana, Elfi. 2015. Manajemen Sanggar Tari Kembang Sakura. Universitas Negeri Yogyakarta. (eprints.uny.ac.id, 15 Maret 2022)
Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Utami Munandar. 2012. Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarna Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 royhanatul azhariyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.