Pendampingan Orangtua dalam Penggunaan Gadget terhadap Siswa DTA Al-Barokah di Perum Bumi Jaya Indah Purwakarta

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21009/satwika.020102

Keywords:

Peran, Gadget, Orangtua, Resiko

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi dari banyaknya anak di Perum Bumi Jaya Indah terutama yang belajar di DTA Al-Barokah yang menggunakan gadget tanpa adanya pengawasan dan kurangnya kendali orangtua. Seperti yang diketahui bahwa sebagai produk hasil kecanggihan pengembangan media teknologi, gadget banyak digunakan oleh orang dewasa, bahkan dikalangan remaja dan anak-anak sekalipun yang belum siap menerima berbagai dampak yang ditimbulkan. Dalam pelaksanannya, kegiatan pengabdian ini digunakan teknik sosialisasi dan pendampingan kepada orangtua di lingkungan Perum Bumi Jaya Indah agar kegiatan ini berguna untuk orangtua dalam memahami perannya sehingga dapat mengawasi dan mendampingi anak-anaknya dalam menggunakan gadget. Adapun hasil dari dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan data bahwa terjadi penurunan minat anak dalam bermain gadget. Bahkan anak-anak cenderung lebih banyak bermain bersama teman- temannya sebagai salah satu hasil sosialisasi dan pendampingan sekaligus upaya pengalihan untuk mengurangi resiko menggunakan gadget bagi anak seperti resiko fisik berupa penglihatan terganggu, pola tidur buruk, dan psikis berupa pribadi yang tertutup, pudarnya kreativitas, dam cenderung malas.

References

Abdul Fadhil, Ahmad Hakam, Muhamad Ridwan Effendi, Suci Nurpratiwi, A. A. (2022). Socio-Cultural Revitalization, as an Effort to Empower the Character of Humanism in Students. Poceedings of the First International Conference on Democracy and Social Transformation, ICON-DEMOST, 1(1).
Afif Ridho Pramudya, Muslimatun Kholifah Anta, Hana Taqiyya, M. R. E. (2021). The Religious Spirituality in a Time of Pandemic; Strategies for Strengthening Diversity in FIS UNJ Students. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(2), 101–124.
Aida Noer Aini, Muhamad Ridwan Effendi, E. N. (2021). Strategi Menanamkan Nilai - Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan. Paedagogie, 2(34–47). https://doi.org/doi.org/10.20211/pdg.02.1.04
Alwi Shahab. (2017). Dakwah Jamaah Tabligh. Www.Republika.Com.
Muhamad Ridwan Effendi, Sari Narulita, S. N. (2021). Penguatan Kapasitas Softskill Guru Pondok Pesantren Nurul Huda Dalam Upaya Peningkatan Etos Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 41–51.
Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Pandemic, I. of religious thought and student learning ethos in the covid-19. (2021). Integration of religious thought and student learning ethos in the covid-19 pandemic. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 6(2), 97–111.
Prof. DR.H. Ramayulis. (2015). ilmu pendidikan islam.
prof .Dr.H. Jalaludin. (2011). filsafat pendidikan islam.
Qorri‘Ainan Salsabila, Zachrina Aqinar, M. R. E. (2021). The Effect of the Covid-19 Pandemic on Stress Learning. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(2), 59–76.
Silvi Rahmawati, Muhammad Ridwan Effendi, D. W. (2022). Muhamad Ridwan Effendi [PDF] from staimuttaqien.ac.id Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar. id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 1–24.
Chusna p.a (2017) pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak,Dinamika Penelitian 315-330

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Fatimah, S., & Effendi, M. R. (2022). Pendampingan Orangtua dalam Penggunaan Gadget terhadap Siswa DTA Al-Barokah di Perum Bumi Jaya Indah Purwakarta. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 06–13. https://doi.org/10.21009/satwika.020102