Pendampingan Pembentukan Komunitas Remaja (Koja) dalam Meningkatkan Kualitas Generasi Muda Islam di Perum Panorama Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/satwika.030102Keywords:
Remaja, Moral, Organisasi, MasyarakatAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pemuda atau generasi muda tentang peran penting pemuda dalam pengembangan karakter masyarakat, dan meningkatkan kualitas generasi muda untuk mempersiapkan generasi masa depan yang berkualitas. Peran pemuda dalam masyarakat ini dapat dilakukan dengan melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan anak usia dini dan remaja. Setelah menemukan permasalahan remaja di Perum Panorama, penulis menggunakan metode sosialisasi untuk mencapai tujuan tersebut terhadap remaja atau pemuda di kawasan Perum Panorama dengan tema "Peran Pemuda dalam Masyarakat". Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan bahwa seorang remaja harus mampu menjadi penggerak di tempat tinggalnya masing-masing untuk meningkatkan kualitas generasi muda dan membantu memajukan daerah. Untuk mewujudkan tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, dilakukan beberapa kegiatan dimana pemuda Perum Panorama menjadi motor penggerak beberapa kegiatan yang dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Hasil yang diperoleh berdasarkan pelayanan yang telah dilakukan. Hasil tersebut memotivasi para pemuda RW 12 untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif untuk berperan aktif di masyarakat. Hasil kuesioner yang diisi oleh anak-anak menggambarkan keraguan mereka untuk menjadi penggerak di Perum Panorama. Kecurigaan pemuda RW 12 itu karena tidak adanya organisasi yang menampung minat dan bakatnya untuk berperan dalam Panorama Plum. Untuk itu, upaya tim pengabdian masyarakat tidak terbatas pada program KPM (Kuliah Pengabdian kepada Masyarakat) tetapi dilanjutkan di luar program.
References
Afif Ridho Pramudya, Muslimatun Kholifah Anta, Hana Taqiyya, M. R. E. (2021). The Religious Spirituality in a Time of Pandemic; Strategies for Strengthening Diversity in FIS UNJ Students. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(2), 101–124. http://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/mtq/article/view/321
Aida Noer Aini, Muhamad Ridwan Effendi, E. N. (2021). Strategi Menanamkan Nilai - Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan. Paedagogie, 2(34–47). https://doi.org/doi.org/10.20211/pdg.02.1.04
Muhamad Ridwan Effendi, Firdaus Wajdi, Izzatul Mardhiah, Sa’dullah, Naila Fathiya Salsabila, N. A. J. (2022). Strengthening the Prophetic Values of the Cisaat Village Community in Religious Education Activities through the Muslim Friendly Tourism Program. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2). https://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/sivitas/article/view/795
Pendidikan, S. M. N.-N. A. M. I. P. N.-N. A. M. I. (2021). Strategi Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan: Nilai-Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan. Paedagogie| Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 34–47.
Qorri‘Ainan Salsabila, Zachrina Aqinar, M. R. E. (2021). The Effect of the Covid-19 Pandemic on Stress Learning. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(2), 59–76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In developing strategy and setting priorities, SATWIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
SATWIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.