Edukasi dan Pendampingan Pada Pelajar Untuk Peningkatan Kesadaran Penggunaan Internet Sehat

  • Meidi Saputra Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Nugraheni Warih Utami Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Septa Katmawanti Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Neo Adhi Kurniawan Universitas Negeri Malang, Indonesia
Keywords: Edukasi, Internet Sehat, Pelajar

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan kompetensi dan wawasan  baru  kepada peserta didik melalui edukasi dan pendampingan dalam menggunakan internet secara sehat. Metode pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari 1) analisis situasi dengan melakukan deteksi dini terhadap peserta didik mengenai perilaku internet tidak sehat, 2) perencanaan program pengabdian yang menekankan pada edukasi dan pendampingan, 3) pelaksanaan pengabdian yang berbasi kegiatan proyek dan 4) evaluasi pengabdian dengan melakukan refleksi bersama. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah peserta didik mendapatkan penguatan kompetensi berupa pengetahuan, keterampilan dan perilaku mengenai internet sehat dan dampak-dampak yang ditimbulkan dalam penggunaan internet. Kemudian pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan dewan guru berkomitmen bersama pelajar menjadikan lingkungan sekolah sebagai lingkungan yang ramah, sehat dan bertanggung jawab dalam penggunaan internet.

References

Hidayanto, F., & Zidni Ilmi, M. (2015). Pentingnya Internet Sehat. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(1), 21–24. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/7888/6897

Jayani, D. H. (2021). Penggunaan Internet di Kalangan Siswa Sekolah Semakin Meningkat. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/03/tren-siswa-sekolah-menggunakan-internet-semakin-meningkat#:~:text=Penggunaan Internet di Kalangan Siswa Sekolah Semakin Meningkat,-Layanan konsumen %26 Kesehatan&text=Penggunaan internet untuk kegiatan belajar,33%2C98%25 pada 2016.

Karman, & Idris. (2013). Dampak Patologis - Non Fatologis Penggunaan Internet Di Kalangan Anak Dan Remaja. MEDIAKOM - Media Komunikasi Ilmiah, 8.

Kaunang, F. J., Karim, A., Simarmata, J., Iskandar, A., Ardiana, D. P. Y., Septarini, R. S., Negara, E. S., Hazriani, & Widyastuti, R. D. (2021). Konsep Teknologi Informasi. Yayasan Kita Penulis.

Khairani, M., Oktaviana, B., Fitri, Y., & Lubis, A. (2021). Internet Sehat , Hebat , Dilingkungan SMKN 7 Medan. Jurnal TUNAS, 2(2), 48–54.

Montanesa, D., & Karneli, Y. (2021). Pemahaman Remaja Tentang Internet Sehat Di Era Globalisasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1059–1066. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/509

Nugraha, A. (2018). STIA Pembangunan Jember ISSN : 2656-4467 EDUKASI INTERNET SEHAT DAN AMAN Alifian Nugraha Progam Studi Ilmu Administrasi Bisnis STIA Pembangunan Jember ABSTRAK Di zaman modern ini , internet sudah menjadi hal yang wajar , bahkan wajib . Apalagi di kalangan. Edukasi Internet Sehat Dan Aman, 1(1), 22–32.

Rahardiyan, E. (2007). Pemanfaatan Internet dan Dampaknya pada Pelajar Sekolah Menengah Atas di Surabaya. Libri-Net, 3(1), 407–412. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/ln5ba2011865full.pdf

Rahman, A. (2016). Pengaruh Negatif Era Teknologi Informasi Komunikasi pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islami). Jurnal Studi Pendidikan, XIV(1).

Ratama, N., Saifudin, A., Munawaroh, Yulianti, & Desyani, T. (2015). Pembelajaran Dalam Peningkatan Pengetahuan Internet Sehat dan Aman Bagi Ibu-ibu PKK Griya Indah Serpong RT.01 RW.15. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 1(1), 87–92.

Riska, Harihanto, & Nurmanina, A. (2013). Studi Tentang Penggunaan Internet Oleh Pelajar (Studi Pada Penggunaan Internet Oleh Pelajar SMP N 1 Samarinda). Sosiology, 1(4), 37–48.

Rochim, M. (2017). PELATIHAN KOMPETENSI GURU BERWAWASAN MEDIA DI SEKOLAH ANGKASA BANDUNG.

Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2017). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 110–117. https://doi.org/10.29210/02018190

Setiawan, A. B. (2012). Penanggulangan Dampak Negatif Akses Internet di Pondok Pesantren melalui Program Internet Sehat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 15(1), 93–108. https://doi.org/10.20422/jpk.v15i1.706

Susanti, W. (2020). Implementasi Pembelajaran Secara Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Smp Di Masa Pandemic Covid-19. Inovasi Pendidikan, 7(2), 134–145. https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2311

Widayani, S., & Astuti, K. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI POLA ASUH DEMOKRATIS UNTUK MENCEGAH KECANDUAN GADGET REMAJA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Psycho Idea.

Published
2023-01-02
How to Cite
Saputra, M., Utami, N. W., Katmawanti, S., & Kurniawan, N. A. (2023). Edukasi dan Pendampingan Pada Pelajar Untuk Peningkatan Kesadaran Penggunaan Internet Sehat. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 130 - 137. https://doi.org/10.21009/satwika.020208