PROFIL, PROBLEMA DAN PROSPEK PEMBELAJARAN DARI RUMAH
Keywords:
Pembelajaran di rumah; Model pembelajaran di rumah; Problema; Optimism guruAbstract
Di tengah wabah virus corona (Covid-19), kebijakan pendidikan diberlakukan belajar mengajar di rumah. Pada kondisi ini, saya ingin mendeskripsikan: profil, problema, dan prospek pendidikan. Data dikumpulkan dengan angket secara daring menggunakan Facebook. Dari 484 anggota yang saya beri angket (populasi), 102 orang mengisi angket tersebut (sampel). Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini berhasil mendeskripsikan profil pembelajaran di rumah, menandakan pergeseran dari generasi kedua menuju generasi ketiga yang ditandai dengan mulai menciptakan generasi pedagogis baru, sebagai Connectivism. Problema yang ditemukan terkait dengan hampir semua dimensi pembelajaran di rumah. Optimisnya guru akan terjadi peningkatan mutu pendidikan dimasa yang akan datang (prospek) mengisyaratan pergeseran PJJ menuju generasi ketiga. Sekalipun akan memasuki generasi ketiga, jaminan kualitas pembelajaran dari rumah akan tetap menjadi masalah utama. Teori belajar dan proses pembelajaran di rumah sangat, sangat penting; Beberapa masalah terbesar yang dihadapi pendidikan (belajar di rumah) saat ini thanya dapat diselesaikan dengan penggunaan teknologi kreatif.