PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBERIAN TUGAS DARI FOKUS TATA BAHASA KE INSTRUKSI BERFOKUS
Keywords:
Pengajaran Bahasa, Pemberian Tugas, Fokus Tata Bahasa, Instruksi BerfokusAbstract
Pengajaran bahasa Indonesia dalam pemberian tugas dari fokus tata bahasa ke instruksi berfokus terintegrasi ke dalam empat keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Fokus terhadap eksplorasi peran praktik dan peningkatan kesadaran dalam mengajarkan tata bahasa, sebagai bukti bahwa yang tersedia menunjukkan praktik, pengendalian, kontekstual, atau komunikatif, tidak seefektif seperti yang digunakan. Kesadaran yang terbangun, menawarkan alternatif yang menarik kepada praktik tata bahasa tradisional. Melalui kehati-hatian yang dibentuk oleh aktivitas kesadaran-yang terbangun. mengembangkan pengetahuan eksplisit tentang tata bahasa untuk memfasilitasi kemampuan mereka untuk berkomunikasi. Pendekatan intruksi tata bahasa ini memiliki keterbatasan. Ini mungkin tidak sesuai pada pelajar muda atau pemula. Pengajaran tata bahasa harus ditentukan oleh kebutuhan. Dengan demikian, pemilihan item tata bahasa yang diajarkan harus bergantung pada tujuan dari peserta didik dalam mempelajari bahasa Indonesia. Selain itu, pengajaran tata bahasa harus didasarkan pada prinsip-prinsip yang mudah dimengerti dan diterima.