Kerangka Konseptual Perancangan Model Authentic Assessment
Keywords:
Kerangka; Konseptual; Model; Authenti; dan AssessmentAbstract
Penelitian bertujuan merangkai kerangka konseptual model authentic assessment dalam proses pembelajaran di sekolah. Untuk mendapatkan kerangka konsep model authentic assesment perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi model tersebut saat penerepan. Pencarian faktor-faktor terseabut menggunakan studi pustaka serta mencari refrensi yang mendukung dan penelitian-penelitian terdahulu yang relevan. Sehingga dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Menjadikan penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara identifikasi wacana dari buku-buku, makalah atau artikel, jurnal, serta web (internet). Setelah kerangka konsep model authentic asseessment dibangun, maka data yang dikumpulkan adalah data dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut adalah sikap guru, sikap siswa, sikap orang tua, dan sikap teman sebaya terhadap model authentic assesment. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Menurut Miles & Huberman (1992), analisis terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa kerangka konsep model authentic assessment, kerangka tersebut menggambarkan hubungan antara sikap guru, siswa, orang tua, teman sebaya, dan hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh bentuk konsep model authentic assessment yang dapat digunakan sebagai acuan bagi pengajar dan pelaku pendidikan, acuan untuk dapat memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi model tersebut agar menghasilkan hasil belajar terbaik bagi siswa.