MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C

Authors

  • Ani Safitri Pendidikan Masyarakat, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Pendidikan Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor, Kota Bogor. Model Pembelajaran Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creative Thinking). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran inquiry learning dapat meningkatkan kompetensi 4C. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian mahasiswa semester 2 program studi pendidikan masyarakat. Hasil peneltian menunjukan bahwa model inquiry learning melatih mahasiswa belajar mandiri dengan di fasilitasi oleh dosen untuk meningkatkan 4C: (1) Communication, kemampuan komunikasi lisan, reseptif, membedakan maksud, menggunakan strategi komunikasi dan berkomunikasi dengan jelas untuk satu tujuan,  (2) Collaboration, kemampuan bekerja produktif, menunjukan rasa hormat, berkompromi dalam kelompok dan berbagi tanggungjawab, (3) Critical Thinking, kemampuan menganalisis, membuat sintesis,menginterpretasikan informasi dan secara kritis merefleksikan pengalaman dan proses pembelajaran  (4) Creative Thinking, kemampuan menyelesaikan permasalahan, menganalisis, mengevaluasi, mengelaborasi dan mencipta . Kesimpulan penelitian ini model inquiry learning dapat meningkatkan kompetensi keterampilan 4C.

Downloads

Published

2020-12-05