EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SEKOLAH DASAR MEKAR JAYA 11 KOTA DEPOK
Keywords:
Ekstrakulikuler, CIPP, Olahraga, Sekolah DasarAbstract
Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi kegiatan ekstrakulikuler olahraga di SDN Mekarjaya 11 Kota Depok. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Evaluasi penelitian dilakukan di olahraga di SDN Mekarjaya 11 Kota Depok. SD ini memiliki Program lima ekstrakulikuler olahraga yaitu bela diri (taekwondo & karate) renang, futsal, basket dan panahan. Subjek evaluasi pada penelitian ini adalah guru pembina, pelatih ekstrakulikuler dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SDN Mekarjaya 11 Kota Depok. Evaluasi ini termasuk evaluasi program, yaitu evaluasi kegiatan ekstrakurikuler. Evaluasi ini menggunakan pendekatan deskriptif yang dimaksudkan mendeskripsikan program kegiatan ekstrakulikuler olahraga di SDN Mekarjaya 11 Kota Depok. Model evaluasi yang digunakan dalam evaluasi ini adalah model evaluasi yang dikemukakan oleh Stufflebeam yaitu model evaluasi CIPP. Evaluasi CIPP ini merupakan evaluasi komponen dalam program dengan aspek context, input, process, product. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan rerata yang di peroleh dari kuesioner maka aspek konteks dikategorikan sangat baik karena memiliki rerata 45, aspek input pada responden guru dikategorikan baik karena memiliki rerata 37, aspek proses pada responden guru dikategorikan baik karena memiliki rerata 55.8, aspek produk pada responden siswa dikategorikan sangat baik karena memiliki rerata 41.3.