EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA SD BERBASIS MULTIKULTURAL

  • Widiawati Widiawati Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Gilang Maulana Jamaludin Universitas Majalengka
Keywords: pendidikan multikultural, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menjelaskan efektivitas pembelajaran siswa  SD berbasis multikultural. Dinamika sosial masyarakat pada saat ini cukup beragam tak terkecuali siswa sekolah membawa budaya, adat istiadat dari lingkungan sekitarnya yang dapat berpengaruh dalam interaksi sosial siswa didalam kelas. Perlunya pemahaman keberagaman yang benar berbasis multikultural akan mempengaruhi sikap saling menghormati, saling menghargai perlu ditanamkan sejak dini dari pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan metode study literature atau penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis isi. Pembacaan pustaka secara berulang dan pengecekan antar literatur dapat menjaga keabsahan dan mengurangi kekeliruan informasi dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini adalah memunculkan ide gagasan berupa dasar panduan teori efektivitas pembelajaran siswa SD secara jelas yang mencakup : 1) pengertian efektivitas pembelajaran siswa SD; 2) Indikator efektivitas Pembelajaran siswa SD; 3) Penanaman nilai-nilai pendidikan berbasis multikultural di SD, 5) Hasil dari efektivitas pembelajaran siswa SD berbasis multikultural.

Published
2023-03-10