ANALISA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN II BERBASIS E-MODUL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

  • Aenun El Aulia Universitas Negeri Jakarta
  • Santoso Sri Handoyo Universitas Negeri Jakarta
  • R. Eka Murtinugraha Universitas Negeri Jakarta
Keywords: E-Modul, Konstruksi Bangunan II, Bahan Ajar, Analisa Kebutuhan

Abstract

This study aims to analyze student needs which will be used to develop instrucional materials in the Building Construction II course in Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta. The method used is Research and Development with the ADDIE model. Needs analysis aims to identify problems and identify possible causes of problems and what is needed according to the learning process, this stage is the analysis stage which is the initial stage of the ADDIE model. The data collection technique used a questionnaire which was distributed using a Google form to students who had taken the Building Construction II course. Based on the results of the needs analysis that has been carried out, the following results are obtained: (1) 95.2% of students answered that the instructional materials used by lecturers were PowerPoint. (2) 14.3% of students strongly agree that instructional materials in the form of E-Modules will make the material easy to understand and 76.2% agree that instructional materials in the form of E-Modules will make the material easy to understand. (3) 57.1% of students strongly agreed to develop E-Module instructional materials and 33.3% agreed to develop E-Module instructional materials.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa yang akan digunakan untuk mengembangkan bahan ajar pada mata kuliah Konstruksi Bangunan II di Program Study Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE. Analisis kebutuhan bertujuan untuk mengetahui masalah dan mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan yang dibutuhkan sesuai dengan proses pembelajaran, tahap ini merupakan tahap analisis yang merupakan tahap awal dari model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dibagikan menggunakan google form kepada mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Konstruksi Bangunan II. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) 95,2% mahasiswa menjawab bahan ajar yang digunakan oleh dosen adalah PowerPoint. (2) 14,3% mahasiswa sangat setuju bahwa bahan ajar berupa E-Modul akan membuat materi mudah dipahami dan 76,2% setuju bahwa bahan ajar berupa E-Modul akan membuat materi mudah dipahami. (3) 57,1% mahasiswa sangat setuju untuk diadakan pengembangan bahan ajar E-Modul dan 33,3% setuju untuk diadakan pengembangan bahan ajar E-Modul.

Published
2023-08-30