ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-MODUL MATA KULIAH TEKNIK PENYEHATAN PADA PRODI PTB UNJ
Keywords:
Analisis Kebutuhan, Bahan Ajar, E-Modul, Teknik PenyehatanAbstract
ABSTRACT
Teaching materials that are minimal in learning activities have an impact on the level of student
understanding, one of which is the use of learning media that is less varied. Therefore it is used
as a factor in this study. This research was conducted to analyze the need for the development
of learning media in the form of E-Modules. This type of research is descriptive qualitative
research. The research data collection instrument was in the form of a questionnaire given to
the student population of Building Engineering Education, Jakarta State University. The
teaching materials developed in this study are in the form of E-Modules which not only contain
material but are also equipped with pictures and learning videos, as a systematically arranged
self-learning effort. E-Modules are made using Canva and Heyzine software. The results of the
analysis of the needs of 32 students of Building Engineering Education, Jakarta State
University, obtained 84.4% of the absence of E-Module teaching materials in the sanitation
engineering course, according to 59.4% of students experiencing problems in understanding
the material, then as much as 62.5% agreed that the use E-Modules in the learning process
will make material easier to understand, and 65.6% agree that it is necessary to use teaching
materials in the form of E-Modules in health engineering courses. Thus it can be concluded
that it is necessary to develop learning media based on E-Modules in health engineering
courses.
ABSTRAK
Bahan ajar yang minim dalam kegiatan pembelajaran memberikan dampak terhadap tingkat
pemahaman mahasiswa, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang
bervariasi. Oleh karena itu hal tersebut dijadikan sebagai faktor dalam penelitian ini.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebutuhan terhadap pengembangan media
pembelajaran berupa E-Modul. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa lembar kuisioner yang diberikan
kepada populasi mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Bahan
ajar yang dikembangkan pada penelitian ini berupa E-Modul yang didalamnya tak hanya
memuat materi tetapi juga dilengkapi gambar dan video pembelajaran, sebagai upaya belajar
mandiri yang disusun secara sistematis. E-Modul dibuat dengan menggunakan software canva
dan heyzine. Hasil analisis kebutuhan 32 mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas
Negeri Jakarta diperoleh 84,4% belum adanya bahan ajar E-Modul pada mata kuliah teknik
penyehatan, menurut 59,4% mahasiswa mengalami kendala dalam memahami materi,
kemudian sebanyak 62,5% setuju bahwa penggunaan E-Modul dalam proses pembelajaran
akan membuat materi lebih mudah dipahami, dan 65,6% setuju bahwa perlu digunakan bahanajar berupa E-Modul pada mata kuliah teknik peyehatan. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa diperlukan pengembangan media pembelajaran berbasis E-Modul pada mata kuliah
teknik penyehatan.