ANALISIS PENGAMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG TEPAT UNTUK PENERAPAN APLIKASI BERBASIS BIM

  • Diana Sulistiawati Universitas Negeri Jakarta
  • Riyan Arthur Universitas Negeri Jakarta
  • R. Eka Murtinigraha Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pengembangan media, video tutorial, BIM, konstruksi dan utilitas gedung, sekolah menengah kejuruan

Abstract

ABSTRACT
BIM began to be applied in learning to create competent and adaptive graduates. The development of
BIM applications at the vocational school level began to be applied to improve student competence so
that they become graduates who are able to meet industry needs. One of the preparations carried out
is to develop learning media that can make it easier for students to receive BIM application-based
learning materials. Therefore, there is a need for a needs analysis to determine the extent of the
development of learning media that are able to deliver BIM-based application learning materials.
Research conducted using the Systematic Literature Review method using google scholar data base
from various trusted journals with the last 5 years related to the development of appropriate learning
media to be used in implementing BIM-based application learning. Systematic Literature Review is a
research activity that aims to review and evaluate relevant research so that it can conclude a study.
There are 5 stages that need to be done, namely Research Question; Search Process; inclusion and
excluison criteria; Qulaity Assesment; Data Collection. The results are known that the right learning
media to apply learning using BIM based applications is video tutorials. The video tutorial is able to
present a work step that makes it easier for students to receive material on BIM-based image making
procedures. Taken from several research sources, 98% of students agree with the ownership of video
tutorial learning media as learning media that uses BIM-based applications.

 

ABSTRAK
BIM mulai diterapkan dalam pembelajaran untuk menciptakan lulusan yang kompeten dan adaptif.
Pengembangan aplikasi BIM di jenjang sekolah kejuruan mulai diterapkan untuk meningkatkan
kompetensi siswa sehingga menjadi lulusan yang mampu memenuhi kebutuhan industri. Persiapan yang
dilakukan salah satunya adalah mengembangkan media pembelajaran yang mampu mempermudah
peserta didik dalam menerima materi pembelajaran berbasis aplikasi BIM. Oleh karena itu perlu adanya
analisis kebutuhan untuk menentukan sejauh mana pengembangan media pembelajaran yang mampu
menyampaikan materi pembelajaran aplikasi berbasis BIM. Penelitian yang dilakukan menggunakan
metode Systematic Literature Review dengan menggunakan data base google scholar dari berbagai
jurnal terpercaya dengan kurun waktu 5 tahun terakhir terkait dengan pengembangan media
pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam menerapkan pembelajaran aplikasi berbasis BIM.
Systematic Literature Review merupakan kegiatan penelitian yang bertujuan untuk meninjau dan
mengevaluasi penelitian yang relevan sehingga dapat menyimpulkan sebuah penelitian. Terdapat 5
tahapan yang perlu dilakukan, yaitu Research Question; Search Process; inclusion and excluison
criteria; Qulaity Assesment; Data Collection. Hasil diketahui bahwa media pembelajaran yang tepat
untuk menerapkan pembelajaran menggunakna aplikasi berbasis BIM adalah video tutorial. Video
tutorial mampu menyajikan sebuah langkah kerja yang mempermudah siswa dalam menerima materi
prosedur pembuatan gambar berbasis aplikasi BIM. Diambil dari beberapa sumber penelitian
mengatakan bahwa 98% peserta didik setuju dengan pemilikan media pembelajaran video tutorial
sebagai media pembelajaran yang menggunakan aplikasi berbasis BIM.

Published
2023-09-03