PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA REAKSI PERLETAKAN SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK (STUDI KASUS SMKN 26 JAKARTA)
Keywords:
Alat Peraga, Mekanika Teknik, Penelitian Pengembangan, Reaksi PerletakanAbstract
ABSTRACT
This research aims to develop a learning media in the form of a simple beam reaction demonstration tool for the subject of Engineering Mechanics in vocational high school. Engineering Mechanics is a fundamental subject in the Building Construction, Sanitation, and Maintenance program. The research method used in this study is the ADDIE development research model. The ADDIE model consists of five stages: Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The developed demonstration tool design consists of a box with two hanging scales attached to a movable railing according to the distance. The scales are used to hang a beam with a load at a specific point, thereby displaying the equilibrium value of the load assumed as the result of the placement reaction force. Based on the limited trial conducted in class XI KGSP 1 at SMKN 26 Jakarta, there was an increase in students' learning outcomes by 44, and the assessment of demonstration tool by the students reached 89% with the category "excellent".
Keywords: Demonstration Tool, Engineering Mechanics, Placement Reaction, Research and Development
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga reaksi perletakan sederhana pada mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK. Mekanika Teknik merupakan mata Pelajaran dasar di program keahlian Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Terdapat lima tahapan dalam model penelitian ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Desain alat peraga yang dikembangkan berupa kotak dengan dua buah timbangan gantung yang dipasangkan pada sebuah railing yang dapat dipindahkan menyesuaikan dengan jaraknya. Timbangan tersebut digantungkan balok yang diberi beban pada titik tertentu,sehingga dapat menampilkan angka kesetimbangan dari beban tersebut yang diasumsikan sebagai hasil reaksi perletakan searah gaya normal. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilakukan di kelas XI KGSP 1 SMKN 26 Jakarta, terjadi pengingkatan hasil belajar peserta didik sebesar 44 dan hasil penilaian alat peraga oleh peserta didik sebesar 89% dengan kategori sangat baik.
Keywords: Alat Peraga, Mekanika Teknik, Penelitian Pengembangan, Reaksi Perletakan