TINJAUAN KESESUAIAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TERHADAP STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA (SKKNI)

  • Bima Garyn Destyawan Universitas Negeri Jakarta
  • Santoso Sri Handoyo Universitas Negeri Jakarta
  • Anisah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kurikulum, Pendidikan, SKKNI

Abstract

ABSTRACT

This research aims to review the suitability of the curriculum with the Indonesian National Competency Standards (SKKNI). SKKNI is an important reference in determining the competency standards required by workers in various industrial sectors. Evaluation of the suitability of the curriculum with SKKNI is crucial to ensure that educational programs can produce graduates who have competencies that are relevant and in accordance with the needs of the workforce. This research uses a literature study and a comparative analysis approach between the curriculum and the requirements listed in the SKKNI. Through identification and comparison between curriculum components and competencies set by SKKNI, this research aims to assess the extent to which the curriculum can meet the competency standards required by the industry. The results of this study indicate that the suitability of curriculum implementation to SKKNI has a percentage of suitability of 79.07%, 82%, and 64.54%. So it can be interpreted that the suitability of curriculum implementation to SKKNI is declared quite appropriate where each of these data has a level of conformity above 60%. Future curriculum implementation must continue to be evaluated to ensure that the curriculum is relevant to industry needs and prepares students to meet SKKNI requirements. These efforts are expected to improve the suitability of the curriculum with SKKNI requirements and produce graduates who have relevant competencies and are ready to contribute to the world of work.

Keywords: Curriculum, Education, SKKNI

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan terhadap kesesuaian antara kurikulum dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). SKKNI merupakan acuan penting dalam menentukan standar kompetensi yang diperlukan oleh tenaga kerja di berbagai sektor industri. Evaluasi kesesuaian kurikulum dengan SKKNI menjadi hal yang krusial untuk memastikan bahwa program pendidikan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja. Penelitian ini menggunakan studi literatur serta pendekatan analisis komparatif antara kurikulum dan persyaratan yang tercantum dalam SKKNI. Melalui identifikasi dan perbandingan antara komponen kurikulum dengan kompetensi yang ditetapkan oleh SKKNI, penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana kurikulum dapat memenuhi standar kompetensi yang dibutuhkan oleh industri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian implementasi kurikulum terhadap SKKNI memiliki presentase kesesuaian sebesar 79,07%, 82%, dan 64,54%. Maka dapat diartikan bahwa kesesuianĀ  implementasi kurikulum terhadap SKKNI dinyatakan cukup sesuai yang mana masing-masing dari data tersebut memiliki tingkat kesesuaian diatas 60%. Pelaksanaan kurikulum kedepannya harus tetap dilakukan evaluasi untuk memastikan bahwa kurikulum tersebut relevan dengan kebutuhan industri dan mempersiapkan mahasiswa untuk memenuhi persyaratan SKKNI. Upaya-upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kesesuaian kurikulum dengan persyaratan SKKNI serta menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang relevan dan siap berkontribusi dalam dunia kerja.

Kata Kunci : Kurikulum, Pendidikan, SKKNI

Published
2023-08-30