KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA KULIAH STRUKTUR BETON 2: TINJAUAN LITERATUR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

  • Annisa Us Salamah Universitas Negeri Jakarta
  • Tuti Iriani Universitas Negeri Jakarta
  • Anisah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Hasil Belajar, Konvensional, Problem Based Learning

Abstract

ABSTRAK
The Learning Model is used to achieve certain learning objectives, involving learning methods and
strategies that can be applied to the teaching system in the classroom. Learning models can vary
depending on learning objectives, student characteristics, and learning materials. This study focuses
on two learning models that have been applied during the teaching and learning process. (1) The
Problem Based Learning (PBL) learning model is centered on student activity in solving problems
while the teacher is only a facilitator. (2) The conventional learning model is centered on active
teachers as a source of learning knowledge and students receive the knowledge provided by the
teacher. In this study, the literature review method was used to collect and analyze data from relevant
sources. The results of this study can provide in-depth insight into the differences between the
Problem Based Learning (PBL) learning model and conventional learning models in the cognitive
domain in student learning outcomes in the Concrete Structures 2 course and can show differences in
effective domains in using the Problem Based Learning (PBL) learning model and conventional
learning models in the Concrete Structures 2 course. Some of the variables observed in this literature
review include differences in student engagement, learning motivation, conceptual understanding,
problem-solving ability, and academic achievement. This research is an ex-post facto research. The
data is the result of student final tests in class using the Problem Based Learning (PBL) learning
model and conventional learning models. Through a comprehensive literature analysis, it is hoped
that the advantages and disadvantages of each learning model can be identified. It is hoped that the
results of this study can provide important information to educators and decision makers in the field
of education regarding the application of a more effective learning model in the Concrete Structures 2
course. The implications of this literature review can also encourage further research to deepen our
understanding of the different models learning in the Concrete Structures 2 course. The results of the
analysis can show that there are differences in learning outcomes between classes using the Problem
Based Learning (PBL) learning model and conventional learning models, the application of the
Problem Based Learning (PBL) learning model is better than conventional learning models.

Keywords: problem based learning, conventional, learning outcomes.


ABSTRAK
Model Pembelajaran digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaraan tertentu, melibatkan metode dan strategi pembelajaran yang dapat diterapkan pada sistem pengajaran di kelas. Model-
model pembelajaran dapat beragam tergantung pada tujuan pembelajaran, karakteristik mahasiswa, dan materi pembelajaram. Pada studi ini berfokus kepada dua model pembelajaran
yang sudah diterapkan pada saat proses belajar mengajar berlangsung. (1) Model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) yang berpusat kepada keaktifan mahasiswa dalam memecahkan
masalah sedangkan pengajar hanya sebagai fasilitator. (2) Model pembelajaran konvensional yang berpusat kepada pengajar yang aktif sebagai sumber ilmu belajar dan mahasiswa menerima
ilmu yang diberikan oleh pengajar. Dalam studi ini, metode tinjauan literatur digunakan untuk
mengumpulkan dan menganalisis data dari sumber-sumber yang relevan. Hasil penelitian ini
dapat memberikan wawasan mendalam tentang perbedaan antara model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dan model pembelajaran konvensional pada ranah kognitif dalam hasil
belajar mahasiswa pada mata kuliah Struktur Beton 2 dan dapat menunjukkan perbedaan ranah
efektif dalam menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model
pembelajaran konvensional pada mata kuliah Struktur Beton 2. Beberapa variabel yang diamati
dalam tinjauan literatur ini termasuk perbedaan dalam keterlibatan mahasiswa, motivasi belajar,
pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah, dan prestasi akademik. Penelitian ini
merupakan penelitian ex-post facto. Data tersebut merupakan hasil tes akhir mahasiswa di kelas
dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model
pembelajaran konvensional. Melalui analisis literatur yang komprehensif, diharapkan dapat
diidentifikasi manfaat dan kelemahan dari masing-masing model pembelajaran. Diharapkan hasil
dari penelitian ini dapat memberikan informasi penting kepada para pendidik dan pengambil
keputusan di bidang pendidikan mengenai penerapan model pembelajaran yang lebih efektif
dalam mata kuliah Struktur Beton 2. Implikasi dari tinjauan literatur ini juga dapat mendorong
penelitian lebih lanjut untuk memperdalam pemahaman kita tentang perbedaan model
pembelajaran dalam mata kuliah Struktur Beton 2. Hasil analisis dapat menujukkan bahwa
terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dan model pembelajaran konvensional, penerapan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran
konvensional.

Keywords: Hasil Belajar, Konvensional, Problem Based Learning (PBL)

Published
2023-09-03