ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN KONSTRUKASI KAYU BERBASIS VIDEO PADA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMKN 35 JAKARTA
Keywords:
Analisis Kebutuhan, Bahan Ajar, video PembelajaranAbstract
abstrak
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran sat ini adalah penggunaan bahan ajar yang kurang kreatif serta kurang bervariasi, salah satu upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi, yaitu dengan mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kebutuhan terkait dengan pengembangan bahan ajar berbasis video pembelajaran pada mata pelajaran pekerjaan konstruksi kayu khususnya pada peralatan dan bahan, pengenalan sambungan, jenis sambungan, dan penyambungan komponen, pra-finising dan finising dalam kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan pada SMK Negeri 35 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di kompetensi kehlian desain pemodelan dan informasi bangunan pada SMK Negeri 35 Jakarta yang berlokasi di Jl. Kerajinan Kebun Sayur, Jakarta barat. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada awal tahun 2024. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif mulai dari proses wawancara hingga observasi secara langsung. Metode yang digunakan pada pengembangan bahan ajar video pembelajaran adalah metode R&D (Research & Development) dengan model pengembangan 4D (define,design,development,disseminate). Penelitian ini menggunakan 2 sumber data, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Subjek penelitian sebagai sumber data primer yang digunakan adalah 2 orang guru mata pelajaran pekerjaan konstruksi kayu kelas X dari sekolah SMK Negeri 35 Jakarta. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pertanyaan wawancara yang diajukan kepada guru yang bersangkutan. Studi dokumenter sebagai sumber data skunder adalah bahan ajar pekerjaan konstruksi kayu yang digunakan guru bersangkutan. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menghimpun dan menganalisis kualitas dari bahan ajar yang digunakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dari hasil wawancara serta studi dokumentasi yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa permasalahan terletak pada kurangnya bahan ajar yang di gunakan dimana dalam pembelajaran hanya menggunakan media pembelajaran berupa buku cetak yang dinilai materi yang digunakan masih kurang lengkap untuk dipelajari bahan ajar yang digunakan belum memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan peserta didik pada pembelajaran pekerjaan konstruksi kayu saat ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa diperlukan pengembangan bahan ajar berbasis video pembelajaran pada mata pelajaran pekerjaan konstruksi kayu pada kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan pada SMK Negeri 35 Jakarta.
Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Bahan Ajar, video Pembelajaran, Pekerjaan Konstruksi Kayu, Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
The problem faced in current learning is the use of teaching materials that are less creative and less varied. One effort to improve the learning process in accordance with the demands of developments in information technology is by developing teaching materials. This research was conducted with the aim of analyzing needs related to the development of video-based learning materials on the subject of wood construction work, especially on equipment and materials, introduction to connections, types of connections and connecting components, pre-finishing and finishing in the competency of modeling and information design skills building at SMK Negeri 35 Jakarta. This research was carried out in the modeling and building information design skills competency at SMK Negeri 35 Jakarta which is located on Jl. Vegetable Garden Crafts, West Jakarta. This research was carried out in early 2024. This research used qualitative descriptive research methods starting from the interview process to direct observation. The method used in developing learning video teaching materials is the R&D (Research & Development) method with the 4D development model (define, design, develop, disseminate). This research uses 2 data sources, namely primary sources and secondary sources. The research subjects used as primary data sources were 2 teachers in class X wood construction work from the SMK Negeri 35 Jakarta school. Data collection techniques were obtained through interview questions asked to the teacher concerned. Documentary studies as a secondary data source are teaching materials for wood construction work used by the teacher concerned. Data collection techniques are obtained by collecting and analyzing the quality of the teaching materials used according to students' needs. From the results of the interviews and documentation studies carried out, it was found that the problem lies in the lack of teaching materials used where in learning only uses learning media in the form of printed books which are considered to be incomplete materials used for learning. The teaching materials used do not meet appropriate needs. with students on learning current wood construction work. Thus, it can be concluded that it is necessary to develop learning video-based teaching materials on the subject of wood construction work in the competency of modeling design and building information skills at SMK Negeri 35 Jakarta.
Keywords: Needs Analysis, Teaching Materials, Learning videos, Wood Construction Work, School Vocational Intermediate