Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia
DOI:
https://doi.org/10.21009/wahana.16.021Kata Kunci:
Firm size, Leverage Firm, Profitability, ValueAbstrak
Nilai perusahaan dapat dipengaruhi berbagai faktor yaitu leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas. Selain itu, profitabilitas dalam penelitian ini berperan sebagai variabel yang memediasi leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Unit analisis yaitu perusahaan industri dasar serta kimia yang terdaftar di BEI 2016-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi non partisipan. Populasi penelitian berjumlah 60 perusahaan. Sampel berjumlah 31 perusahaan dengan total 124 data sampel dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Analisis data dengan analisis jalur (path analysis) dan menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Profitabilitas mampu memediasi hubungan leverage terhadap nilai perusahaan, namun profitabilitas tidak mampu memediasi hubungan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License. This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited. Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.