Manuscript Template

TEMPLATE PENULISAN ARTIKEL UNTUK JURNAL EDUKASI IPS (EIPS)- (18 pt Bold)

 Nama Penulis Pertama1, Nama Penulis Kedua2, dst (14pt Bold)

1Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta,

Komplek UniversitasNegeri Jakarta Gedung K. Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur, Indonesia 13220, ID Penulis (Orchid, Sinta, Google scholar, Scopus, dll) : xxxxxxx, email: penulis1@emailaddress.ac.id

 

1Pendidikan IPS Universitas Negeri Yoyakarta, Yogyakarta, Indonesia (11pt Normal Italic)

ID Penulis (Orchid, Sinta, Google scholar, Scopus, dll) : xxxxxxx, email: penulis2@emailaddress.ac.id

Abstract(11pt Bold)

Berikut ini adalah petunjuk penulisan dan template artikel pada Jurnal Edukasi IPS. Artikel diawali dengan judul, diikuti dengan nama, ID Penulis, dan alamat email penulis, kemudian abstrak. Abstrak ditulis dalam satu paragraf, spasi tunggal, berisi 150-200 kata, dengan menggunakan huruf Times New Roman 11pt. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar. Abstrak harus memuat tujuan penelitian, metode (karakteristik subjek penelitian, populasi, sampel, teknik sampling, metode pengumpulan data, serta analisis data), hasil penelitian, serta kesimpulan singkat. Jika dianggap perlu, pada bagian akhir paragraph dapat diberikan rekomendasi berdasarkan temuan penelitian. Di bawah abstrak, sertakan lima kata kunci yang masing-masing dipisahkan dengan tanda koma (,). Pilihlah kata kunci yang memudahkan artikel Anda ditemukan mesin penjelajah.

Keywords: abstrak, petunjuk penulisan, manajemen lingkungan, template

 

PENDAHULUAN

Jurnal Pendidikan IPS atau EIPS adalah Jurnal Ilmih Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial  Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Terbitan ini berisi artikel dari hasil-hasil Penelitian dengan menggunakan salah satu

 

dari berbagai metode penelitian baik jenis penelitian kualitatif, kuantitatif, policy research, riset evaluasi maupun penelitian teoretik (analisis konten) di  bidang pendidikan IPS.

 

Fokus jurnal ini adalah:  (1) hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan, dan pembelajaran IPS (Social Studies) maupun konsep-konsep yang terkandung dalam IPS, yang meliputi :

(1) interaksi, (2) saling ketergantungan, (3) kesinambungan dan perubahan, (4) keragaman/kesamaan/perbedaan, (5) konflik dan konsesus, (6) pola (patron), (7) tempat, (8) kekuasaan (power), (9) nilai kepercayaan, (10) keadilan dan pemerataan, (11) kelangkaan (scarcity), (12) kekhususan, (13) budaya (culture), dan (14) nasionalisme.

Artikel yang dimuat di  Jurnal Edukasi IPS adalah artikel yang telah melalui proses evaluasi dan kajian oleh Mitra Bebestari (peer-reviewers). Keputusan diterima atau tidaknya suatu artikel ilmiah menjadi hak Dewan Penyunting berdasarkan atas rekomendasi dari Mitra Bebestari. Pemberitahuan tentang revisi artikel dan keputusan akhir hanya akan disampaikan melalui akun Open Jurnal System (OJS) kepada penulis korespondensi (corresponding author).

Judul artikel harus dituliskan secara singkat, jelas, dan harus menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan serta tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam, ditulis seluruhnya dengan huruf kapital secara simetris. Judul artikel tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan.

Jika penulis lebih dari satu, tuliskan nama-nama penulis dengan dipisahkan oleh koma (,). Jika nama penulis terdiri dari dua kata, nama pertama penulis (first name) sebaiknya tidak disingkat. Jika nama penulis hanya terdiri dari satu kata, tuliskan nama sebenarnya dalam satu kata, namun demikian di versi online (HTML) akan dituliskan dalam dua kata yang berisi nama yang sama (berulang) untuk keperluan indeksasi metadata (Williams, Goldstein, & Minshew, 2006).

Bagian pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, dan permasalahan penelitian atau hipotesis. Di bagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan penelitian tersebut.

Petunjuk Umum Penulisan Naskah Artikel

Naskah artikel yang sudah memenuhi petunjuk penulisan Jurnal Edukasi IPS (dalam format MS Word, gunakan template artikel ini) harus dikirimkan dengan salah satu cara berikut ini:

  1. Mengirimkan naskah dengan online submission system di portal OJS UNJ (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/plpb) setelah mendaftarkan sebagai Penulis dan/atau Reviewer di bagian “Register”.
  2. Petunjuk submit naskah secara daring dapat dilihat di bagian petunjuk Submit to EIPS.

Naskah yang tidak sesuai petunjuk penulisan penulisan Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan akan dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki sesuai format penulisan sebelum dilanjutkan proses editorial selanjutnya.

 Naskah artikel harus mengandung komponen-komponen artikel ilmiah berikut (sesuai urutan), yaitu: (a) Judul Artikel, (b) Nama Penulis (tanpa gelar), (c) Afiliasi, alamat , dan email penulis, (d) Abstrak dan Kata Kunci, (e) Pendahuluan, (f) Metodologi, (g) Hasil dan Pembahasan, (h) Kesimpulan, (i) Ucapan terima kasih (Acknowledgment; jika ada), dan (j) Daftar Pustaka.

Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan jumlah halaman minimum 12 dan maksimum 20 halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah harus ditulis sesuai template artikel ini dalam bentuk siap cetak (camera ready). Artikel harus ditulis dengan ukuran bidang tulisan A4 (210 x 297 mm) dan dengan format margin kiri 25 mm, margin kanan 20 mm, margin  bawah 20 mm, dan margin atas 25 mm. Naskah harus ditulis dengan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran font 12 pt (kecuali judul artikel, nama penulis dan judul abstrak), berjarak satu spasi, dan dalam format satu kolom.

 

Panduan Penulisan Kutipan/Rujukan Dalam Teks Artikel

Setiap mengambil data atau mengutip pernyataan dari pustaka lainnya maka penulis wajib menuliskan sumber rujukannya. Rujukan atau sitasi ditulis di dalam uraian/teks dengan cara nama penulis dan tahun (Kennedy & Adolphs, 2012). Jika penulis lebih dari lima, maka pada penulisan pertama harus dituliskan seluruhnya, namun pada penulisan selanjutnya hanya dituliskan nama penulis pertama diikuti “dkk” (Bompa dkk, 2008). Semua yang dirujuk di dalam teks harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka, demikian juga sebaliknya, semua yang dituliskan di Daftar Pustaka harus dirujuk di dalam teks.

  • Petunjuk Submit Naskah Artikel Secara Online

 Naskah artikel yang dikirimkan secara online (menggunakan online submission system)dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Kunjungi portal OJS UNJ (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/eips)
  2. Penulis Pertama mendaftarkan sebagai Penulis di bagian “Register” atau alamat:http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/eips/user/register
  3. Setelah Penulis login sebagai Author, klik di “New Submission”. Tahapan submit artikel terdiri dari 5 tahapan, yaitu: (1). Start, (2). Upload Submission, (3). Enter Metadata, (4). Upload Supplementary Files, (5). Confirmation
  4. Di bagian Start, pilih Jurnal Section (Full Article), centang semua ceklist.
  5. Di bagian Upload Submission, silakan unggah file naskahartikel dalam MS Word di bagian ini.
  6. Di bagian Enter Metadata, masukkan data-data semua Penulis dan afiliasinya, diikuti dengan judul dan abstrak, dan indexing keywords.
  7. Di bagian Upload Supplementary Files, diperbolehkan mengunggah file data-data pendukung atau surat pengantar atau dokumen lainnya.
  8. Di bagian Confirmation, silakan klik “Finish Submission” jika semua data sudah benar.

 

METODOLOGI

Bagian metode berisi penjelasan tentang jenis penelitian/desain penelitian. Bagian ini menjelaskan tentang jumlah subjek dan karakteristik subjek disertai data demografi (Williams, 2007). Pada penelitian kuantitatif, jika penelitian menggunakan alat ukur tertentu, perlu disampaikan nama alat ukur, jumlah item, koefisien reliabilitas, serta metode analisis data yang digunakan. Sedangkan pada penelitian kualitatif, dijelaskan perspektif kualitatif yang digunakan, hingga metode pengambilan data dan analisisnya (Willig, 2008).

 

  • HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh?  Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara ilmiah, tidak hanya deskriptif, dan ditunjang oleh data empiris yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan hasil-hasil para peneliti lain yang hampir sama topiknya. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab hipotesis dan/atau pertanyaan penelitian di bagian pendahuluan.

 

Tabel dan Gambar diletakkan di dalam kelompok teks sesudah tabel atau gambar tersebut dirujuk. Setiap gambar harus diberi judul gambar (Figure Caption) di sebelah bawah gambar tersebut dan bernomor urut angka Arab diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Table Caption) dan bernomor urut angka Arab di sebelah atas tabel tersebut diikuti dengan judul tabel.

 

Gambar-gambar harus dijamin dapat tercetak dengan jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus yakin tercetak jelas). Ukuran font di dalam tabel (8-10pt) dengan spasi 1. Gambar dan tabel dan diagram/skema sebaiknya diletakkan sesuai kolom diantara kelompok teks atau jika terlalu besar diletakkan di bagian tengah halaman. Tabel tidak boleh mengandung garis-garis vertikal, sedangkan garis-garis horisontal diperbolehkan tetapi hanya yang penting-penting saja.

Tabel 1. (10 pt)

Korelasi AntarVariabel (10 pt)

Hubungan

n

rxy1

thitung

ttabel α =0.05

Pengaruh Strategi Pembelajaran (X1) Tehadap Sikap Sosial Siswa (Y)

110

0.612

8.05**

1.67

Keterangan      :

** = Korelasi sangat signifikan (thitung>ttabel) pada α =0.05

Untuk memudahkan mengenali signifikansi, bisa ditambahkan tanda ** untuk nilai p < 0,001 dan * untuk nilai p < 0,05.

      

 

 

 

 

      Proses 1            Proses 2              Proses 3

 

Gambar 1. Prosedur Penelitian

 

 

KESIMPULAN

Kesimpulan terdiri dari satu paragraph serta menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh.

 

  • UCAPAN TERIMA KASIH (bila ada)

Ucapan terima kasih terutama ditujukan kepada pemberi dana penelitian atau donatur dan pihak-pihak yang membantu pelaksanaan penelitian yang kontribusinya tidak cukup signifikan untuk dimasukkan dalam kelompok penulis (authorship).

DAFTAR PUSTAKA

Semua referensi yang dikutip/disitasi dalam naskah artikel harus dicantumkan dalam bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah; minimum 80%) dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Jumlah referensi yang disitasi minimal 10 (sepuluh) sumber pustaka. Penulisan kutipan atau sitasi disarankan menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, Zotero.

 

Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah:

Laura Barrraza. 2002. Environmental Education: A Comparison between English and Mexican School Children. Environmental Education Research, 8, (2),  174-176.

Williams, D.L, Goldstein, G., &Minshew, N.J. 2006. The profile of memory function in children with autism. Neuropsychology, 20, (1), 21–29. doi:  10.1037/0894-4105.20.1.21

 

Pustaka yang berupa judul buku:

Azwar, S. 2007. Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 

Parsons, Wayne. 2006. Public Policy: An Introduction to the Theory and Practice of Policy Analysis. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Tinning, Richard. 2010. Pedagogy and Human Movement: Theory, ractise, research. New York: Taylor &Ffrancis e-Library.

 

Pustaka yang berupa Prosiding Seminar:

Desiningrum, D.R. 2011. Future time perspective, goal orientation, and subjective well being in elderly. The Padjadjaran International Conference on Psychology (pp.17-23). Bandung, Indonesia: Faculty of Sport , Padjadjaran University.

Pustaka yang berupa disertasi/tesis/skripsi:

Pratama, A.G. 2016. Analisis Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Tahun 2015. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.