MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN
DOI:
https://doi.org/10.21009/GJIK.081.04Keywords:
Pendekatan Bermain, Hasil Belajar, Gerak dasar lari jarak pendekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar gerak dasar lari jarak pendek dengan
pendekatan bermain. Metode penelitian tindakan sebanyak dua siklus dengan rancangan
kegiatan perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Sumber data diperoleh melalui tes
awal dan tes akhir keterampilan hasil belajar gerak dasar lari jarak pendek.Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
dari tes awal hingga tes akhir. Hasil tes awal menunjukan nilai terendah yaitu 41.7 dan nilai
tertinggi 66.7. Kemudian hasil tes akhir Pada siklus satu yaitu nilai terendah 50 dan nilai
tertinggi 83.3 dan masih 59.90%. Pembelajaran semakin berubah atau meningkat pada
siklus dua yaitu dengan nilai terendah 50 dan tertinggi 91.7, dengan persentase 81.25%, dan
sudah memenuhi kriteria pencapaian dalam penelitian tindakan yaitu 80%. Simpulan dari
penelitian ini adalah metode pembelajaran bermain sangat berpengaruh positif pada anak
usia sekolah dasar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, yang ditandai dengan
peningkatan dan ketuntasan dalam pembelajaran.