Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab

  • Ika Khoirun Nisa IAIN METRO
  • Novita Rahmi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Lampung, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab di MTs Ma’arif NU 07 Purbolinggo. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan metode wawancara sebagai metode pokok, metode observasi dan dokumentasi sebagai metode penunjang. Kemudian untuk menganalisa data digunakan analisis deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi di MTs Ma’arif NU 07 Purbolinggo dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata dalam bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari hafalan nyanyian yang mana lirik lagunya sudah diganti dengan kosakata bahasa Arab

Published
2020-10-31
How to Cite
Ika Khoirun Nisa, & Novita Rahmi. (2020). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al-Ma‘rifah, 17(2), 161–170. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jba/article/view/16250