Pengaruh Model Pembelajaran Example Non-Examples Berbasis Project Citizen Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien Universitas Negeri Makassar
  • Eva Faradisa Universitas Kanjuruhan Malang
  • Arifin Manggau Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.21009/jimd.v22i1.26876

Keywords:

Example Non-examples, Project Citizen, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran example non-examples berbasis project citizen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X di MA Al-Islam Bantur. Metode quasi experiment adalah metode yang digunakan oleh peneliti dengan jumlah siswa sebanyak 44. Pengambilan sampel menggunakan teknik clusterrandom dengan taraf kesalahan sebesar 5%. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah uji hipotesis yang terdiri dari uji T dan uji F. Berdasarkan pengujian pada uji T diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa. Sedangkan pada uji F diketahui nilai Sig. sebesar 0,02 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran example non-examples berbasis project citizen terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn kelas X di MA Al-Islam Bantur.

References

Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Grafindo Persada, 2002.

Astuti, D. 2., & Novita, D. (2019). Blended learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Prosiding Sendika: Vol 5, No 1, 2019 191. (p. 191). Purwokerto: Muhamadiyah Purwokerto.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Covid-19, S. (2021). Data Sebaran Kasus Covid-19 di Indonesia. Covid19.Go.Id. https://covid19.go.id/

Departemen Agama RI, 2010 Himpunan Peraturan Perundang-undangan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum

Garrison&Kanuka, 2. (2004). Garrison & Kanuka “Blended Learning: Uncovering its Transformative Potential in Higher Education”. Learning Environments Design Reading Series, 34.

Hasan, H. 2. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap. Pesona Dasar Vol. 3 No.4, Oktober 2016, 22-23.

Husniatus Salaham Z. 2007. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kencana. Jakarta

Ihsanudin 2020;. (2020). Presiden Jokowi Teken Keppres Tetapkan Wabah Covid-19 Bencana Nasional. Jakarta: Kompas.com.

Januarisman, Pengembangan media pembelajaran berbasisi WEB mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VII, Jurnal Inovasu Teknologi Pendidikan Vol 3 No. 2 (2016)

Jauhari. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 155.

Neti Budiwati dan Leni Permana, Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. (Bandung: Laboratorium Pendidikan Ekonomi dan Koperasi,

Siahaan, 2. (n.d.).

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Taufik, H. 1. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Internet pada Konsep Sistem Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada SMA Negeri 1 Woyla . Jurnal Biotic.

Unik , U. j., Lailli Irna Sari , Khusna Haibati Lathif , Ayu Puji Lestari , & Asyharinur Ayuning . (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 . Al-Muthahrah, 188-198.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Hermuttaqien, B. P. F., Faradisa, E. ., & Manggau, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non-Examples Berbasis Project Citizen Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 22(1), 140–144. https://doi.org/10.21009/jimd.v22i1.26876