Author Guidelines

Penulis yang akan mengirimkan naskahnya ke Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif wajib registrasi terlebih dahulu sebagai penulis di laman OJS-Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif. Naskah yang dikirim melalui akun penulis yang terlebih dahulu telah login pada laman tersebut.

Naskah yang dikirimkan kepada Editor dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang merupakan gagasan atau karya tulis asli, belum pernah diterbitkan, tidak sedang dipertimbangkan untuk dimuat di media, jurnal, atau majalah lain baik nasional maupun internasional. Penulis menjamin bahwa naskah yang diajukan tidak mengandung plagiarism atau pelanggaran etika akademik lainnya. Setiap pelanggaran menjadi tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Naskah yang dikirim dapat berupa hasil penelitian, kajian kepustakaan atau literature, kajian empiris, studi kasus, evaluasi, kajian kebijakan. Isu-isu mutakhir, atau resensi buku dalam bidang Pendidikan Jasmani dan/atau Pendidikan Inklusi. Naskah dapat berupa pengembangan dari skripsi, tesis, disertasi, atau penelitian lain.

Teks naskah dibuat 1 (satu) spasi untuk abstrak dan 1.5 (satu setengah) spasi untuk artikel dengan jenis font Times New Roman ukuran font 12 pt; semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir. Teks naskah mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam pedoman pengarang.

Pedoman Penulisan

1.Naskah penulisan harus memiliki relevansi dengan bidang Pendidikan Jasmani dan/atau Pendidikan inklusi

2.Naskah yang dikirim belum pernah dimuat dalam jurnal atau media massa manapun

3.Naskah diketik 1.5 (satu setengah) spasi pada kertas a4, dengan huruf Times New Roman ukuran 12 pt, berkisar ± 10 halaman, termasuk tabel, grafik, diagram, gambar, dan daftar pustaka. Margin atas/bawah/kiri/kanan berurutan 4/3/4/3.

4.Naskah ditulis dalam bentuk Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris dengan menggunakan kalimat sederhana dan mudah dipahami

Kriteria penulisan

1.Judul ; ditulis dengan singkat, padat, dan harus mencerminkan substansi yang diuraikan pada batang tubuh artikel. Dibuat dengan huruf kapital Times New Roman, ukuran 14 pt, cetak tebal dan posisi tengah.

2.Nama Penulis ; ditulis di bawah judul, tanpa gelar, ukuran 11 pt. penulis individu atau tim semua penulis dicantumkan.

3.Instansi dan alamat penulis ; ditulis dibawah nama penulis berupa instansi, serta alamat korespondensi.

4.Abstrak ; ditulis dalam dua Bahasa, Indonesia dan Inggris yang terdiri dari 100 sampai dengan 200 kata dengan jenis Times New Roman ukuran font 10 pt, satu spasi, dan ditulis dalam satu paragraph yang berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian.

5.Kata kunci ; diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, dapat terdiri atas beberapa buah kata/istilah. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris ukuran font 10 pt, cetak miring  (italic), satu spasi.

6. Isi naskah

a.Pendahuluan ; pendahuluan mencerminkan wawasan penulis tentang permasalahan yang diteliti dan yang ditulis sehingga secara implisit maupun eksplisit menyampaikan pemecahan masalah yang akan dilakukan atau diajukan oleh peneliti. Pendahuluan mencakup latar belakang, kajian pustaka, hasil penelitian sebelumnya dan tujuan penelitian.
b.Metode penelitian ; metode penelitian menjelaskan pelaksanaan penelitian yang dapat diharapkan membuat pembaca  mengevaluasi ketepatan metode, reliabilitas, dan validitas hasil penelitian serta memungkinkan peneliti lain mereplikasi penelitian tersebut.
c.Hasil dan pembahasan ; hasil penelitian diarahkan untuk menjawab tujuan penelitian. Pada bagian pembahasan penulis menjelaskan hasil penelitian dengan memperhatikan interpretasi, generalisasi dan kesimpulan.
d.Kesimpulan ; kesimpulan difokuskan dengan tujuan penelitiannya yang secara implisit disampaikan sesuai dengan rumusan tujuan penelitian. Saran yang disampaikan harus didasarkan pada analisis oyang dibuat pada bagian pembahasan.

7.Sumber referensi ; menggunakan catatan tubuh dengan Harvard-APA Style.

8.Daftar pustaka ; semua referensi yang terdapat di naskah artikel harus merupakan sumber yang relevan, up-to-date dan relevansi dengan penelitian yang dilakukan.

9.Illustrasi ; illustrasi dapat berupa tabel, gambar dan grafik dengan ketentuan huruf Times New Roman 10 pt, spasi 1

10.Tabel ; tabel diberi nomor sesuai urutan presentasi (tabel 1, dst) keterangan tabel diletakkan di atas tabel.

11.Gambar ; gambar dan grafik diberi nomor sesuai urutan presentasi (gambar 1, dst) keterangan gambar dan grafik diletakkan di bawah gambar dan grafik.

Penerimaan Naskah Artikel

1.Naskah artikel untuk edisi yang segera akan terbit paling lambat diterima oleh redaksi Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif satu bulan sebelum jadwal penerbitan.

2.Kelengkapan dan kebenaran naskah akan diperiksa oleh redaksi sesuai dengan ruang lingkup naskah. Pada tahap ini, terdapat kemungkinan munculnya permintaan pada penulis untuk melakukan penyesuaian kembali (misalnya kesalahan umum dalam pengetikan dan format).

3.Naskah artikel ditulis dengan gaya selingkung Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif

4.Pemeriksaan awal redaksi meliputi pengecekan lingkup topik, seringnya topik tersebut dipublikasikan dan pengecekan program Turnitin.

5.Review substansi akan dilakukan oleh Mitra Bestari. Penulis wajib melakukan revisi sesuai saran Mitra Bestari, selambat-lambatnya 2 minggu sejak artikel tersebut dikembalikan oleh tim redaksi.

6.Penulis akan menerima konfirmasi melalui akun maupun email dari tim redaksi bahwa artikelnya diterima maupun ditolak oleh dewan redaksi Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif

7.Biaya publikasi per artikel (termasuk biaya review redaksi, pengecekan program turnitin, biaya review mitra bestari, biaya pemuatan jurnal daring). Rp. 500,000,-

8.Biaya publikasi per artikel untuk mahasiswa S1 (termasuk biaya review redaksi, pengecekan program turnitin, biaya review mitra bestari, biaya pemuatan jurnal daring). Rp. 300,000,-

9.Dapat ditransfer melalui no rekening Bank Mandiri 006-00-0779068-0 Atas nama EKA FITRI NOVITA SARI

10.Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Tim redaksi Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif telp : Eka Fitri Novitasari (+62813-1596-1646)

Jadwal Proses Penerimaan, seleksi, pengumuman

Proses Jurnal Pendidikan Jasmani Edisi Mei

a.Penerimaan artikel Edisi Mei  : November – 31 Maret
b.Seleksi artikel Edisi Mei  : 1 April – 30 April
c.Pengumuman Publikasi  Mei  : Mei

Proses Jurnal Pendidikan Jasmani Edisi November

a.Penerimaan artikel Edisi November  : Mei – 30 September
b.Seleksi artikel Edisi November  : 1 Oktober – 30 Oktober
c.Pengumuman Publikasi  November  : November