Desain dan Uji Coba Video Pembelajaran sebagai Alternatif Media Pembelajaran dimasa Pandemic dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Asam dan Basa

  • RINA GUSTINA UIN SUSKA RIAU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain video pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi asam dan basa yang valid dan praktis sebagai alternatif media pembelajaran dimasa pandemic. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang dosen ahli media, 1 orang guru ahli materi, 1 orang guru kimia dan 10 siswa kelas XI IPA PI SMA IT Al-Ittihad. Adapun objek penelitian adalah video pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Kelayakan video pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) didasarkan pada a) Validator ahli materi mencapai persentase sebesar 86,8% dengan kategori sangat valid, validator ahli desain media mencapai persentase 84% dengan kategori sangat valid. b) Tanggapan penilaian guru kimia melalui uji praktikalitas memperoleh persentase sebesar 92,6% dengan kategori sangat praktis. c) Respon peserta didik kelas XI di SMA IT Al-Ittihad terhadap keseluruhan desain video pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) mendapatkan persentase 81,4% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa video pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dimasa pandemic.

Published
2023-01-25
How to Cite
RINA GUSTINA. (2023). Desain dan Uji Coba Video Pembelajaran sebagai Alternatif Media Pembelajaran dimasa Pandemic dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Asam dan Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 12(2), 127 - 134. https://doi.org/10.21009/JRPK.122.07