HUBUNGAN DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL LATIHAN BELADIRI KARATE PADA ANAK USIA 7-9 TAHUN DOJO KKA (KARATE KID’S ACADEMY) DEPOK

  • Rista Mart Dwi Utanti
  • Tirto Apriyanto
  • Firmansyah Dlis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Hubungan disiplin dengan hasil latihan beladiri karate, (2) Hubungan motivasi dengan hasil latihan beladiri karate, (3) Hubungan secara bersama antara disiplin dan motivasi dengan hasil latihan beladiri karate. Pengambilan data dilaksanakan di Dojo KKA (Karate Kid’s Academy) Jln. Bango Balay Rakyat Depok 2 pada tanggal1 Juli 2015. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik studi korelasi. Uuntuk memperoleh data pada variabel disiplin dan motivasi dengan menggunakan koesioner kumpulkan dengan wawancara langsung dengan responden, sedangkan untuk memperoleh data hasil latihan ditentukan atau kumpulkan dengan menghitung hasil perolehan skor anak saat melakukan tendangan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dikemukakan bahwa latihan beladiri karate ditentukan oleh dua factor, diantaranya adalah disiplin dan motivasi, kedua komponen tersebut perlu dikembangkan secara optimal untuk mencapai penampilan yang optimal. Hasil penelitian (1) Disiplin (X1) memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil latihan beladiri karate (Y) dengan koefisien sebesar 0,577 dan memberikan kontribusi sebesar 33,31% terhadap hasil latihan beladiri karate. (2) Motivasi (X2) memberikan kontribusi sebesar 45,38% terhadap hasil latihan beladiri karate. (3) Hasil latihan beladiri karate (Y) ditentukan atau dijelaskan oleh disiplin dan motivasi secara bersama-sama dengan hasil 68,0%.


Kata Kunci : Disiplin, Motivasi, Beladiri, Karate, Anak Usia 7-9 tahun

Published
2017-01-30
How to Cite
UTANTI, Rista Mart Dwi; APRIYANTO, Tirto; DLIS, Firmansyah. HUBUNGAN DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL LATIHAN BELADIRI KARATE PADA ANAK USIA 7-9 TAHUN DOJO KKA (KARATE KID’S ACADEMY) DEPOK. JSCE : JURNAL ILMIAH SPORT COACHING and EDUCATION, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 44-58, jan. 2017. ISSN 2548-8511. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/1029>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Citation Formats