Manuscript Template

 

JUDUL ARTIKEL MENGGAMBARKAN ISI NASKAH, SINGKAT DAN PADAT, DITULIS TIDAK SPESIFIK/ SEMPIT,  SERTA MAKSIMAL DUA PULUH KATA

Nama Semua Penulis Tanpa Gelar
Alamat Email Penulis
Fakultas/Departemen Asal, Universitas /Lembaga Asal
Alamat Lembaga

Abstrak: Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, diketik dengan 1 spasi dalam 1 paragraf sejumlah 200 kata, berisi masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, tempat dan waktu penelitian, hasil dan saran. Abstrak tidak memuat rumus statistika. Kata-kata kunci berisi minimal kata yang berisi konsep-konsep penting dan ditulis di bawah masing-masing abstrak. Abstrak dalam Bahasa Indonesia ditulis dengan huruf tegak sedangkan abstrak berbahasa Inggris ditulis dengan miring tanpa dicetak tebal. pokok-pokok penelitian, seperti tujuan, metode dan hasil penelitian.

Kata-kata kunci: kata atau frasa yang penting, spesifik, atau mewakili artikel.

PENDAHULUAN

Pendahuluan berisi latar belakang dan rumusan masalah, manfaat penelitian, serta kajian pustaka/ teori tanpa menggunakan subjudul. Penulisan Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan harus mengikuti kaidah ilmiah baik dari penggunaan istilah maupun kosakata yang mengikuti Ejaan Yang Disempurnakan maupun aturan penulisan seperti jenis huruf, ukuran huruf, tata letak, jumlah kata dalam satu artikel, sistematika penulisan, dan tata penulisan daftar pustaka.

Penulisan setiap paragraf ditulis dengan menjorok ke dalam satu tab. Tidak diperkenankan di dalam satu kolom penulisan hanya menggunakan satu paragraf. Semua tulisan dibuat menjadi satu kolom termasuk daftar pustaka.

Pengetikan menggunakan software Microsoft Word dengan ukuran kertas A4, margin kertas kiri, kanan, atas dan bawah dengan jarak 3 cm. Spasi antar baris tulisan menggunakan 1 spasi. Jenis huruf yang digunakan yaitu times new roman ukuran 11 poin. Panjang naskah berkisar antara 5.000-7.000 kata tidak termasuk daftar pustaka dalam bentuk soft copy.  Bagian pendahuluan ditulis sebanyak lebih kurang 20% dari keseluruhan halaman artikel. 

METODE PENELITIAN

Metode penelitian berisi tentang jenis, tempat dan waktu, serta prosedur penelitian. Prosedur penelitian memuat tentang sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Rumus-rumus statistika yang sudah umum sebaiknya tidak perlu ditulis. Cantumkan sumber rujukan untuk metode yang digunakan.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil
Hasil mencakup hasil/ data kualitatif dan/atau kuantitatif dari proses penelitian. Bagian ini juga dapat memuat tabel dan/atau gambar.

Tabel diberi nomor secara berurut dan diberikan judul secara singkat, diletakan di atas tabel dan diketik menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata. Gambar, termasuk grafik, bagan, diagram, peta, foto, atau sketsa diberikan nomor secara berurut dengan penjelasan dan diletakkan di bawah gambar.

Berikut ini adalah contoh penulisan tabel dan gambar.

Tabel 1. Nilai Kesegaran Jasmani Untuk Remaja Putri Usia 16-19 Tahun

Image result for hasil tes kekuatan

Grafik 1. Perbedaan Tingkat Konsentrasi Atlet Dan Non Atlet Terhadap Kecepatan Reaksi Pada Kelompok Latihan Silat Merah Putih

Image result for grafik hasil tes kekuatan olahraga

Perhatikan bahwa tabel tidak memuat garis vertikal (tegak) dan garis horisontal (datar) hanya ada di kepala dan ekor tabel. Ukuran huruf isian tabel boleh diperkecil.

PEMBAHASAN
Pembahasan hasil penelitian memuat interpretasi dan analisis hasil penelitian. Di dalam pembahasan dapat dicantumkan rujukan hasil penelitian dalam jurnal untuk menguatkan temuan penelitian maupun membandingkan hasil penelitian yang diperoleh.

Penulisan rujukan dalam artikel dan daftar pustaka mendasarkan pada kaidah yang dikeluarkan oleh American Psychological Association (APA).

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan dan saran yang merupakan jawaban singkat dari pertanyaan penelitian. Kesimpulan dan saran ditulis dengan tidak menggunakan penomoran tetapi masuk ke dalam paragraf. Jika diperlukan penomoran, penomoran dilakukan dalam bentuk deskripsi kata misal pertama, kedua, dan seterusnya.

DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka diurutkan sesuai dengan alfabet. Daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir.

Jumlah pustaka yang diacu untuk hasil penelitian paling sedikit 10 pustaka dan untuk hasil kajian paling sedikit 25 pustaka. Contoh penulisan daftar pustaka disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini, diurutkan secara alfabetis dan kronologis:

Buku:

Bambang Sujiono. (2018). Menuju Prestasi Emas Keolahragaan Indonesia Tahun 2045. Jakarta: Yayasan YEBEFO.
Juliansyah Noor. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana.

Buku elektronik:

Bret Contreras. (2014). Strength Training Anatomy. Diakses dari https://books.google.co.id/books/about/Bodyweight_Strength_Training_Anatomy.html?id=3z8bAgAAQBAJ&redir_esc=y&hl=en

Artikel dalam jurnal atau majalah:

Bruno Magnani, Manuel Rizzardini, dkk, Evaluation of The Effects Of Specific Karate Exercises During Multilateral Training In Children Of Primary School, Italian Journal Of Anatomy And Embryology, 2015, vol. 120;208.

Dokumen resmi:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman penulisan laporan penelitian. Jakarta: Depdikbud.
Undang-undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:
Anita. (2017). Penerapan Latihan Mental Untuk Meningkatkan Mental Skills Atlet Sepakbola DKI Jakarta Sister City U-14 Tahun 2017. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UNJ.