Peningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Melalui Pendekatan Saintifik

  • Ayu Rahmayanti SMA Negeri 1 Takalar
  • Basuki Wibawa
  • Khaerudin Khaerudin
Keywords: Action research, saintifik, model pembelajaran

Abstract

Penelitian tindakan ini mengangkat tentang Peningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar, bekerjasama dengan guru mata pejaran untuk memberikan tindakan (proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah) dan berkolaborasi dengan guru dari sekolah lain yang telah mendapatkan pelatihan K13..Penelitian tindakan ini dilaksanakan pada semester genap, tahun ajaran 2017/2018.Sebelumnya peneliti telah melakukan studi pendahuluan mulai bulan September 2015.

Manfaat penelitian ini adalah dapat menemukan berbagai kendala sekaligus pemecahannya, Secara khusus, untuk: (1) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis masalah, (2) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran berbasis masalah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah   terjadi perubahan pada siswa, yaitu siswa menjadi tertarik, dan aktif serta termotivasi sehingga meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

           

Published
2018-12-31
How to Cite
Rahmayanti, A., Wibawa, B., & Khaerudin, K. (2018, December 31). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Melalui Pendekatan Saintifik. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 181 - 198. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/7790