Pengembangan Pembelajaran Mastery Learning Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan

Authors

  • Aeng Muhidin Universitas Pamulang
  • Saiful Anwar Universitas Pamulang
  • Ubaid Al Faruq Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.21009/jtp.v21i1.9646

Keywords:

Mastery Learning, Education Statistics, Development, Learning Manuals, Learning Awareness.

Abstract

Manual pembelajaran mastery learning pada mata kuliah Statistika Pendidikan yang dikembangkan diterima oleh pengguna (3.31), dalam kategori baik dari sisi materi (3.5) dan sangat baik pada sisi media (3.9). Dari ujicoba lapangan, komponen pelaksanaan pembelajaran telah memenuhi semua komponen (10), mampu mendrong perubahan kesadaran belajar mahasiswa (3.07 ke 3.875) dan kinerja akademik (26.88% ke 30.28). Uji beda skor tes formatif di antara dua periode siklus tindakan, menunjukkan bahwa hasil belajar statistik tidak menunjukkan perbedaan. Uji efektifitas dengan melaksanakan eksperimen diperoleh hasil bahwa rata-rata hasil tes kinerja untuk kelas eksperimen adalah 75.179 dengan varian 34.23 dan rata-rata hasil tes kinerja untuk kelas kontrol adalah 62.58 dengan varian 66.45, pada taraf signifikansi 0.05, diperoleh thitung (6.754) > ttabel (2.00), menunjukkan bahwa pembelajaran mastery learning dikatakan efektif digunakan dibandingkan sekedar simulasi.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Muhidin, A., Anwar, S., & Al Faruq, U. (2019). Pengembangan Pembelajaran Mastery Learning Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i1.9646