PENGEMBANGAN WAWASAN MENGENAI JENIS DAN BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA BAGI PARA PEMANDU WISATA LOKAL DI KAWASAN WISATA KOTA TUA JAKARTA

  • Heryanti Utami Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kota tua jakarta, jakarta good guide, narkoba

Abstract

ABSTRACT: At Jakarta, Kota Tua area still one of the main tourist attraction for heritage tourism. On the other hand, the night life at this area such as café, bar, night club etc makes this area become vulnerable for drugs transaction and circulation. The local tourist guide who worked at that area coming from around local area and other origin are guiding local tourist or international tourist. They located and involved directly with the communities, government, citizen and tourist so they really familiar with the misused of drugs. In this service to community, the writer wants to involved local tourist guide Kota Tua Jakarta who joined in Jakarta Good Guide together with government to involved in counter drugs misused at this area by giving and share the knowledge of drugs misused to Kota Tua visitor, including to give understanding of knowledge, attitude and skill as a professional tourist guide.

 

ABSTRAK: Di Jakarta, kawasan Kota Tua masih menjadi salah satu tujuan utama wisata sejarah. Di sisi lain, karena maraknya pariwisata dan kehidupan malam di daerah ini, seperti café, bar, diskotik dan sabagainya, menjadikan daerah ini rawan perdagangan dan peredaran narkoba Para pemandu wisata lokal yang berkerja di daerah tersebut berasal dari daerah sekitar Kota Tua dan daerah-daerah lainnya, bekerja mendampingi wisatawan lokal dan mancanegara. Mereka berada di kawasan dan terlibat secara langsung oleh komunitas, pemerintah, warga dan wisatawan, sehingga mereka benar-benar mengetahui kondisi kawasan tersebut yang rawan dengan penyalahgunaan narkoba. Dalam pengabdian kepada masyarakat, penulis mencoba untuk melibatkan pemandu wisata lokal Kota Tua Jakarta yang tergabung di dalam Jakarta Good Guide untuk bersama-sama dengan pemerintah agar terlibat dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba di kawasan terbut dengan memasukkan materi tentang pengetahuan dan penyalahgunaan narkoba tersebut kepada pengunjung Kota Tua Jakarta, termasuk memberikan pengetahuan dari sisi knowledge, attitude dan skill sebagai pemandu wisata professional.
Kata Kunci: Kota Tua Jakarta, Jakarta Good Guide, Narkoba

Published
2017-12-01