Development of Animation-Based Teaching Material on Explanation Text on XI Grade Students at MAN 2 Aceh Tenggara

Penulis

  • Siti Halimah Br Sinulingga Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Jaria Jaria Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Medan, Indonesia
  • Efendi Barus Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203

Kata Kunci:

development, teaching material, explanation text, animation

Abstrak

The problem of the research was the effectiveness and feseabilty of animation-based teaching material on explanation text on grade XI students at MAN 2 Aceh Tenggara. This effectiviness was carried out by teachers and students. The product feasibility test was tested by a team of experts, namely lecturers and teachers of bahasa Indonesia. The objective of the research was to develop animation-based teaching material to find out the effectiveness of animation based teaching material, and to find out the feasibility test of animation-based teaching material on explanation text. This research used R&D method. The subjects of research were XI grades students of MAN 2 Aceh Tenggara. This research used non-test and test instruments. The result of the research indicated that the pre-test value was at a “fairly good” category and after using animation on post-test was at a “very good” category. Thus, the development of animation-based teaching material on explanation text is appropriate to be applied.

 

Keywords: development, teaching material, explanation text, animation

 

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat efektivitas dan kelayakan pengembangan materi ajar teks eksplanasi berbasis animasi pada siswa kelas XI MAN 2 Aceh Tenggara tahun pembelajaran 2018/2019. Uji efektivitas tersebut dilakukan oleh guru dan siswa sedangkan uji kelayakan produk diuji oleh tim ahli yaitu dosen dan guru bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan proses bahan ajar berbasis animasi, untuk mengetahui efektivitas bahan ajar berbasis animasi, dan untuk mengetahui uji kelayakan bahan ajar berbasis animasi pada materi ajar teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan metode R&D. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan instrumen nontes dan tes. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengembangan materi ajar teks eksplanasi berbasis animasi menunjukkan bahwa nilai pre-tes berada pada kategori cukup baik dan setelah dilakukan inovasi pembaharuan menggunakan animasi berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian pengembangan materi ajar teks eksplanasi berbasis animasi layak digunakan dalam pengembangan bahan ajar.

 

Kata kunci: pengembangan, materi ajar, teks eksplanasi, animasi

Referensi

Amadioha, S.W. (2009). The importance of instructional materials in our schools an overview. New Era Research Journal of Human, Education and Sustainable Development, 2(3&4), 61—63.

Eriyani, R. N. (2018). Bahan Ajar Menulis Bermuatan Lokal Bagi Siswa Sman 1 Cipanas Kabupaten Lebak (Kajian Deskriptif). Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1). 118-134. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.020208

Howard, J., & Major, J. (2005). Guidelines for designing effective English language teaching materials. No Eds. Proceedings of The 9th Conference of Pan-Pacific Association of Applied Linguistic, Tokyo, Japan. Retrieved from http://www.paaljapan.org/resources/proceedings/PAAL9/pdf/Howard.pdf

Kamidjan. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Retrieved from https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Retrieved from http://bsnp-indonesia.org/2016/08/24/peraturan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-nomor-24-tahun-2016/

Kosasih, E. (2013). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2002). Animation as an aid to multimedia learning. Educational Psychology Review, 14(1), 87—99.

Mulyasa. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Pardiyono. (2007). Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: Andi Offset.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pres.

Purwahida, R. (2017). Interaksi sosial pada kumpulan cerpen Potongan Cerita di Kartu Pos karangan Agus Noor dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1(1). 118-134. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.010107

Purwahida, R. (2018). Problematika Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Anak Usia Sekolah Dasar. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1). 118-134. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.020108

Restuti. (2013). Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Utami, P.S.N. (2018). Analisis kesalahan keefektifan kalimat paa teks biografi karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 158 Jakarta. Jurnal AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 190—201. doi: https://doi.org/10.21009/AKSIS.020204

Yustinah. (2016). Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Diterbitkan

2019-12-28