The Influence of The Use of The Square Quantum Learning Model on Poetry Writing Skills Students in Class VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.21009/AKSIS.030202Kata Kunci:
learning model, quantum (quantum teaching), tandur type, poetry writing skillsAbstrak
This study aims to describe (1) poetry writing skills of eighth grade students of SMP Negeri 3 Payakumbuh District using conventional methods. (2) poetry writing skills of eighth grade students of SMP Negeri 3 Payakumbuh District using a type of quantum learning model. (3) the effect of using the quantum teaching model of quantum teaching to the poetry writing skills of eighth grade students of SMP Negeri 3, Payakumbuh District. This research is using experimental method. Data analysis shows that the quantum teaching model of quantum tandur is influential in learning to write poetry in Indonesian subjects in the experimental class. This is due to an increase in student grades which at the time of the pre-test mean value () is 67. After applying the type of quantum learning model (quantum teaching) in the learning process at post-test with an average value () is 80. This is seen from the results of the comparison of tcount with ttable (, 6798> 2,021) because tcount is greater than ttable then Ha (alternative hypothesis) is accepted. So, the learning outcomes of experimental class students who are taught with quantum teaching models are better than the learning outcomes of control class students who are taught using conventional methods.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Payakumbuh menggunakan metode konvensional. (2) keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Payakumbuh menggunakan model pembelajaran kuantum (quantum teaching) tipe tandur. (3) pengaruh penggunaan model pembelajaran kuantum (quantum teaching) tipe tandur terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kuantum (quantumteaching) tipe tandur berpengaruh dalam pembelajaran menulis puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas eksperimen. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan nilai siswa yang mana pada waktu prates nilai rata-rata () adalah 67. Setelah diterapkan model pembelajaran kuantum(quantum teaching) tipe tandur dalam proses pembelajaran pada waktu pascates dengan nilai rata-rata () adalah 80. Hal ini di lihat dari hasil perbandingan thitung dengan ttabel ( ,6798>2.021) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha (hipotesis alternatif) diterima. Jadi, hasil pembelajaran siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kuantum (quantum teaching) tipe tandur lebih baik dibanding hasil pembelajaran siswa kelas kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional.
Kata kunci: model pembelajaran, kuantum (quantumteaching), tipe tandur, keterampilan menulis puisi
Referensi
Basaria, N. & Leonard. (2018). Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat.
Cahyaningrum, A.D. dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. doi: 10.24042/IJSME.v2i3.4363.
Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.
Mahmud, H. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP Volume 1 (2) ISSN 2598-9944.
Misra. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong. Jurnal Kreatif Tadulako Online Volume 1 (2) ISSN 2354-614X
Prayitno, Hendi. W. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisis Menggunakan Teknik Inkuiri dan Latihan Terbimbing. Unnes: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 2 (1).
Purwahida, R. (2017). Interaksi sosial pada kumpulan cerpen Potongan Cerita di Kartu Pos karangan Agus Noor dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1(1). 118-134. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.010107
Purwahida, R. (2018). Problematika Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Anak Usia Sekolah Dasar. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1). 118-134. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.020108
Satinem & Juwati. (2019). The Diction And Language Style In Sutardji Calzoum Bachri’s Contemporary Poetry (A Study On Stilistics). Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3(1). 154-167. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.030115
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundari, H. (2015). Model-model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta: Jurnal Pujangga Volume 1 (2).
Sulkifli & Marwati. (2016). Kemampuan Menulis Puisis Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. FKIP UHO: Jurnal Bastra Volume 1 (1).
Suyatno. (2004). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC
Waluyo. Herman. J. (2005). Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia
Wicaksono. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garuda Waca.
Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, A. Muri. (2007). Metodologi Penelitian.Padang: UNP Press.