Development of Teaching Materials for Writing Argumentative-Based on Lotus Teacniques on grade XII Madrasah Aliyah Negeri

Penulis

  • Rika Rani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Indonesia
  • Resdin Purba Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Risnawaty Risnawaty Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/AKSIS.030209

Kata Kunci:

intructional materials, argumentative paragraph, lotus tehnic based

Abstrak

This study aims to describe the development of teaching material patterns, the feasibility of teaching materials, and the effectiveness of teaching materials in writing paragraphs of argumentation based on lotus techniques in class XII MAN Pematangsiantar. Kind of this research is research and development based on the model of Borg and Gall. Subject trials consist of subject experts, design experts. The results showed that: (1) validation of the content experts include the freasibility of content with an average of 82,35 in very good criteria, eligibility presentation with an average of 86,545 in the very well criteria, aspects of language with an average of 90,38% in the very well criteria, (2) validation of design experts with an average of 85,00% in the very well criteria, (3) individual testing with an average of 82,87% with a very good criteria, (4) the trial of small group with an average of 91,20% with a very good criteria, and (5) a limited field test groups with an average of 95,10% with a very good criteria, (6) the effectiveness of instructional materials with a presentation by 74,22% with good criteria. Thus, the instructional materials of argumentative paragraph based on lotus tehnic that have been developed is proper to use in the learning process as a learning resource.

Keywords: Intructional naterials, argumentative paragraph, lotus tehnic based

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan pola bahan ajar, kelayakan bahan ajar, dan keefektifan bahan ajar menulis paragraf argumentasi berbasis teknik teratai pada siswa kelas XII MAN Pematangsiantar. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model Borg and Gall, yang terdiri atas materi, desain, uji coba. Data dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi kelayakan isi dengan rata-rata 82,35 pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 86,54% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata 90,38% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 85,00% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan  dengan  rata-rata 82,87% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,20% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 95,10% dengan kriteria sangat baik, (6) keefektifan bahan ajar dengan presentasi 74,22% dengan kriteria baik. Dengan demikian, bahan ajar paragraf argumentasi berbasis teknik teratai yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.

Kata kunci: bahan ajar, paragraf argumentasi, berbasis teknik teratai

Referensi

Akhadiah, S. (2012). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Ambarawati, Y. (2015). Pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi (Studi Kasus di Kelas X Tata Busana Butik SMK Negeri 4 Sukoharjo). Universitas Sebelas Maret. Volume 3 Nomor 2 (3-4)
Belawati, T. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Dantes, N. (2008). Pengembangan Bahan Ajar Dalam Kaitan dengan Implementasi KTSP. Makalah disajikan dalam Workshop Pengembangan Bahan Ajar Pada PGRI Kecamatan Manggis Karangasem.
Darmayanti, I. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Nomor 2-3
Eriyani, R. N. (2018). Bahan Ajar Menulis Bermuatan Lokal Bagi Siswa Sman 1 Cipanas Kabupaten Lebak (Kajian Deskriptif). Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(2). 275-284. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.020208
Finoza, L. (2008). Komposisi Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Gagne, R.M. dan Briggs, L.J. (1992). Principles of Instructional Design (4 Ed). New York: Holt, Rinehart and Winston.
Harahap, Andy Syahputra. (2015). Pengaruh Penggunaan Teknik Teratai dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2), September 2015, 127-148.
Haryati, dkk. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbahasa Indonesia untuk Siswa Kelas XII. Tekno-Pedagogi.vol 3(2):35-41.
Hidayati, F. (2014). Keefektifan Metode Kontekstual Teknik Teratai (Terjun, Amati, Rangkai) Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 3 Nomor 2.
Kalidjernih, F.K. (2010). Kamus Studi Kewarganegaraan: Perspektif Sosiologikal dan Politikal. Jakarta: Widya Aksara Press.
Karawasa, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SDN Mire Melalui Penggunaan Media Gambar Seri. Jurnal Universitas Tadulako. Volume 5 Nomor 2
Kosasih, E. (2003). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusasteraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: CV. Irama Widya.
Lestari, Sri. (2013). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana.
Lida, Ulfah M.., & Ida Z.,. (2017). Pola Penalaran Dalam Karangan Argumentasi Pada Siswa Tahap Operasi Formal. Journal Indonesian Language Education and Literature. Vol. 3, No. 1, Desember 2017 (48)
Lubis, Mina S. et.al. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Peta Pikiran Pada Materi Menulis Makalah Siswa Kelas XI SMA/MA. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Vol 2, No. 1 (2014) (19)
Miftahul, G. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model PWIM (Picture Word Inductive Model) Siswa Kelas IV B SD Negeri Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Universitas Pendidikan Indonesia. Volume 2 ,Nomor 1.

Nurjaya, G. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Metode Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kemampuan Aplikatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 1, No. 2, Oktober 2012 (104)
Pamungkas, S. (2012). Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif: Dilengkapi dengan Teori, Aplikasi, dan Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Andi.
Prastowo, A. (2012). Pengembangan Sumber Belajar. Yogyakarta: Pedagogia.
Prihastuti, E. N. (2011). Keefektifan Penggunaan Media Wall Chart (bagan dinding) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Seyegan sleman, Skripsi. Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Purwahida, R. (2018). Problematika Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Anak Usia Sekolah Dasar. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1). 118-134. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.020108
Rojaki. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas X 3 SMA Negeri 2 Sekayu. Jurnal Ilmiah Guru, Nomor 2.
Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Setyosari, Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sholeh. (2006). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sitepu, B.P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D. Bandung: Alfabeta.
Sungkono. (2009). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suryani. (2009). Efektivitas Penggunaan Teknik Teratai dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Cimahi Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, UPI, 2009.
Tarigan, H. G. (1981). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tina, R, et.al. (2013). Peningkatan Pembelajaran Menulis Argumentasi Melalui Model Pembelajaran Brainstorming. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.1, No.2 Maret 2013

Diterbitkan

2019-12-31