Teacher Strategies in Improving Literacy Comprehension Skills in Grade IV Students in Primary Schools

Penulis

  • Ahmad Hariandi Universitas Jambi
  • Asril Asril Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi
  • Zubaedah Zubaedah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi

Kata Kunci:

teacher strategy, reading literal comprehension

Abstrak

This study aims to describe the strategies implemented by teachers in improving literacy comprehension in grade IV F students of SD Negeri 47 / IV Jambi City. This research is a qualitative research. The subjects in this study were the fourth grade F. homeroom teacher. The data in this study were obtained through observations during the learning process, the interview with the homeroom teacher IV F, as well as documentation of learning activities, lesson plans, and reading texts in student books. After the data is collected, the data is checked using triangulation techniques and analyzed using the Miles and Huberman models with the stages of reducing data, presenting data, and drawing conclusions / verification. The results of this study indicate that the strategies implemented by teachers in improving literacy comprehension in grade IV F students of SD Negeri 47 / IV Jambi City, are ReQAR strategies, with the steps used by teachers in learning as follows: 1) teachers begin by conditioning students first before learning begins; 2) the teacher asks students to silently read the reading text; 3) the teacher asks questions to students; 4) the teacher asks students to ask questions; 5) teachers and students do question and answer about the reading text.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diimplementasikan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal pada peserta didik kelas IV F SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas IV F. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi selama proses pembelajaran berlangsung, wawancara terhadap guru wali kelas IV F, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran, RPP, dan teks bacaan pada buku siswa. Setelah data terkumpul, data dicek menggunakan triangulasi teknik dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diimplementasikan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal pada peserta didik kelas IV F SD Negeri 47/IV Kota Jambi, adalah strategi ReQAR, dengan dengan langkah yang digunakan guru dalam pembelajaran sebagai berikut: 1) guru mengawali dengan mengkondisikan peserta didik terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai; 2) guru meminta peserta didik untuk membaca dalam hati teks bacaan tersebut; 3) guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik; 4) guru meminta peserta didik bertanya; 5) guru dan peserta didik melakukan tanya jawab mengenai teks bacaan.

 

Kata kunci: strategi guru, membaca pemahaman literal

Biografi Penulis

Asril Asril, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi

This study aims to describe the strategies implemented by teachers in improving literacy comprehension in grade IV F students of SD Negeri 47 / IV Jambi City. This research is a qualitative research. The subjects in this study were the fourth grade F. homeroom teacher. The data in this study were obtained through observations during the learning process, the interview with the homeroom teacher IV F, as well as documentation of learning activities, lesson plans, and reading texts in student books. After the data is collected, the data is checked using triangulation techniques and analyzed using the Miles and Huberman models with the stages of reducing data, presenting data, and drawing conclusions / verification. The results of this study indicate that the strategies implemented by teachers in improving literacy comprehension in grade IV F students of SD Negeri 47 / IV Jambi City, are ReQAR strategies, with the steps used by teachers in learning as follows: 1) teachers begin by conditioning students first before learning begins; 2) the teacher asks students to silently read the reading text; 3) the teacher asks questions to students; 4) the teacher asks students to ask questions; 5) teachers and students do question and answer about the reading text.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diimplementasikan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal pada peserta didik kelas IV F SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas IV F. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi selama proses pembelajaran berlangsung, wawancara terhadap guru wali kelas IV F, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran, RPP, dan teks bacaan pada buku siswa. Setelah data terkumpul, data dicek menggunakan triangulasi teknik dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diimplementasikan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal pada peserta didik kelas IV F SD Negeri 47/IV Kota Jambi, adalah strategi ReQAR, dengan dengan langkah yang digunakan guru dalam pembelajaran sebagai berikut: 1) guru mengawali dengan mengkondisikan peserta didik terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai; 2) guru meminta peserta didik untuk membaca dalam hati teks bacaan tersebut; 3) guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik; 4) guru meminta peserta didik bertanya; 5) guru dan peserta didik melakukan tanya jawab mengenai teks bacaan.

 

Kata kunci: strategi guru, membaca pemahaman literal

Zubaedah Zubaedah, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi

This study aims to describe the strategies implemented by teachers in improving literacy comprehension in grade IV F students of SD Negeri 47 / IV Jambi City. This research is a qualitative research. The subjects in this study were the fourth grade F. homeroom teacher. The data in this study were obtained through observations during the learning process, the interview with the homeroom teacher IV F, as well as documentation of learning activities, lesson plans, and reading texts in student books. After the data is collected, the data is checked using triangulation techniques and analyzed using the Miles and Huberman models with the stages of reducing data, presenting data, and drawing conclusions / verification. The results of this study indicate that the strategies implemented by teachers in improving literacy comprehension in grade IV F students of SD Negeri 47 / IV Jambi City, are ReQAR strategies, with the steps used by teachers in learning as follows: 1) teachers begin by conditioning students first before learning begins; 2) the teacher asks students to silently read the reading text; 3) the teacher asks questions to students; 4) the teacher asks students to ask questions; 5) teachers and students do question and answer about the reading text.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diimplementasikan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal pada peserta didik kelas IV F SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas IV F. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi selama proses pembelajaran berlangsung, wawancara terhadap guru wali kelas IV F, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran, RPP, dan teks bacaan pada buku siswa. Setelah data terkumpul, data dicek menggunakan triangulasi teknik dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diimplementasikan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal pada peserta didik kelas IV F SD Negeri 47/IV Kota Jambi, adalah strategi ReQAR, dengan dengan langkah yang digunakan guru dalam pembelajaran sebagai berikut: 1) guru mengawali dengan mengkondisikan peserta didik terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai; 2) guru meminta peserta didik untuk membaca dalam hati teks bacaan tersebut; 3) guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik; 4) guru meminta peserta didik bertanya; 5) guru dan peserta didik melakukan tanya jawab mengenai teks bacaan.

 

Kata kunci: strategi guru, membaca pemahaman literal

Referensi

Chan, Faizal dan Wahyuni, Sri. 2016. Pengaruh Pembelajaran dengan Menggunakan Media Gambar Terhadap Pemahaman Siswa pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 1 (1). 41-60.
Chan, Faizal. 2017. Implementasi Guru menggunakan Metode Permainan pada Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 2 (1). 106-123.
Fakhrurrazi, F. (2017). Dinamika Pendidikan Dayah Antara Tradisional dan Modern. At-Tafkir, 10(2), 100-111.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.
Febriana, Ari Surya, dkk. 2020. Kemampuan Guru dalam Merencanakan Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 9 (2). 235-249.
Hariandi, Ahmad. 2019. Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-qur’an Siswa di SD IT Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 4 (1). 10-21.
Hasanah, Uswatun. 2017. Strategi Guru Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 di SD ‘Aisyiyah Kamila Dinoyo Malang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.
Kuntarto, Eko dan Sari. 2017. Pengalaman Terbaik dalam Menumbuhkan Minat Membaca Buku Perpustakaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 2 (2). 185-201.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ningsih, Deni Sulistiowati. 2019. Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA melalui Metode Demonstrasi di Kelas VB SD N 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 4 (1). 22-40.
Purnomo, Budi. 2017. Analisis Strategi Guru dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 2 (2). 237-255.
Samosir, Windy Lara S, dkk. 2020. Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Higher Order Thinking Skills di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol 3 (1) 97-102.
Setiono, Panut dan Rami, Intan. 2017. Kreativitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 2 (2). 219-236.
Sofwan, Muhammad dan Komisah. 2017. Meningkatkan Motivasi Bertanya Siswa melalui Model Snowball Throwing di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 2 (1). 54-71.
Subekti, Ani, dkk. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Strategi QAR (Question Answer Relationship). Jurnal Didaktika Dwija Indria.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhandi, Andi. 2017. Strategi Guru dalam Menumbuhkan Minat Belajar Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 2 (2). 168-184.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Professional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Syahrial, dkk. 2019. Strategi Guru dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan pada Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 4 (2). 232-244.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Wijayanto, Arum. 2013. Keefektifan Strategi ReQAR (Reciprocal Questioning And Question-Answer-Relationship) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Wates. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta:GP Press Group.
Yulyani. 2019. Tingkat Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Jambi.

Diterbitkan

2020-07-02