Increasing Literacy Movement Through Community of Practitioners 24 (KP-24)

Penulis

  • Rahmah Purwahida Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/AKSIS.050218

Kata Kunci:

Community of Practitioners 24 (KP-24), literacy, GAIN-IETTI Global TESOL Academy

Abstrak

The formation of a community of practitioners in this activity is relevant to advancing the literacy movement in Indonesia. The Community of Practitioners 24 (KP-24) empowers the cultivation of character education, environmental education, and family education through the literacy movement. The method of implementing this literacy movement activity is program planning, program implementation, and evaluation. In carrying out this activity, the community building team partnered with expert trainers of the Mobilizing School Program and the GAIN-IETTI Global TESOL Academy organization. The formation of the Community of Practitioners 24 (KP-24) to gradually spread the literacy movement throughout Indonesia through various programs initiated in this activity and will continue to be carried out regularly and systematically.

 

Keywords: Community of Practitioners 24 (KP-24), literacy, GAIN-IETTI Global TESOL Academy

 

 

Abstrak

 

Pembentukan komunitas praktisi dalam kegiatan ini relevan untuk memajukan gerakan literasi di Indonesia. Komunitas Praktisi 24 (KP-24) memberdayakan penanaman pendidikan karakter, pendidikan lingkungan, dan pendidikan keluarga melalui gerakan literasi. Metode pelaksanaan kegiatan gerakan literasi ini yaitu perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tim pembentukan komunitas bermitra dengan para pelatih ahli Program Sekolah Penggerak yang dan organisasi GAIN-IETTI Global TESOL Academy. Pembentukan Komunitas Praktisi 24 (KP-24) untuk menyebarluaskan gerakan literasi ke seluruh Indonesia secara bertahap melalui berbagai program yang diinisiasi dalam kegiatan ini dan akan terus dilanjutkan secara berkala dan tersistem.

 

Kata kunci: Komunitas Praktisi 24 (KP-24), literasi, GAIN-IETTI Global TESOL Academy

Referensi

Andriani, I. S. (2013). “Peran Komunitas praktisi dalam proses penciptaan dan Transfer Pengetahuan pada Organisasi Sekolah” (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Astungkoro, R. dan Rezkisari, I. (2020). YLBHI Nilai Pelanggaran HAM Makin Buruk. Retrieved from https://republika.co.id/berita/q45eq9328/ylbhi-nilai-pelanggaran-ham-makin-buruk

Harsono, F. H. (2019). Pelanggaran Hak Anak Bidang Pendidikan Masih Didominasi Perundungan. Retrieved from https://www.liputan6.com/health/read/3955325/pelanggaran-hak-anak-bidang-pendidikan-masih-didominasi-perundungan

Ihsani, F. K., & Rukiyah, R. (2021). Pengalaman Literasi Informasi Penulis Komunitas ODOP Batch 8 dalam Proses Menciptakan Tulisan. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 5(1), 125-140.

Ikfinaini, A. (2018). Literasi media Berbasis Komunitas: studi pada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Mojo Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Jamil, A.I. (2020). KPAI: Ada 4.885 Kasus Pelanggaran Hak Anak di 2018, ABH Mendominasi. Retrieved from https://www.inews.id/news/nasional/kpai-ada-4-885-kasus-pelanggaran-hak-anak-di-2018-abh-mendominasi

Musa, S. (2019). Studi Kasus Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi pada Komunitas Ngejah Kabupaten Garut. Damar Jayagiri: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Pendidikan Non Formal, 1(XI).

Rozi, M. F., Susyanti, J., & Saraswati, E. (2021). Analisis Peningkatan Literasi Keuangan, Komunitas Investasi Dan Sekolah Pasar Modal Terhadap Kemudahan Investor Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(17).

Saputra, R. H., & Sulistyawati, P. (2021). Perancangan Media Kampanye Perbaikan Literasi di Nusa Tenggara Timur Melalui Komunitas Buku Bagi Ntt. Citrakara, 3(1), 44-60.

Sari, D. W. P. (2015). Pengaruh komunitas praktisi pembimbing klinik terhadap peran pembimbing klinik dalam pelaksanaan program keselamatan pasien oleh mahasiswa= The influence community of practice clinical instructor to the role of clinical instructor in patient safety program by student.

Sari, H., Hermanto, B., & Ma’mun, N. Membangun Sistem Kemitraan Antara Komunitas Pakar Dan Dunia Praktisi Yang Menciptakan Sustainabilitas Rantai Nilai Program Riset Dan Pengembangan Teknologi (RIPTEK). Journal of Technology Management, 3(2), 120705.

Sidik, F. M. (2019). KPAI Catat 4.369 Kasus Pelanggaran Hak Anak di Tahun 2019. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4903880/kpai-catat-4369-kasus-pelanggaran-hak-anak-di-tahun-2019

Syam, A., & Hasifah, H. (2020). Peningkatan Literasi Laktasi Melalui Pelatihan Peer-Counselor pada Komunitas Pendukung Asi Lactalover. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).

Umama, U. (2013). Pemodelan Knowledge Management Berbasis Web dan Pembentukan Komunitas Praktisi Bidang Project Management. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 2(1), 31-42.

Veriasa, T. O., & Waite, M. (2020). Memahami Konsep “Pengembangan Komunitas”. academia.edu

Diterbitkan

2021-12-28