Use of Indonesian Vocabulary by Children in KB Aisyyah III Baruga Kecamatan Baruga

Penulis

  • Wa Ode Irawati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/AKSIS.050203

Kata Kunci:

vocabulary, word class, children

Abstrak

The purpose of this study was to determine the vocabulary used by children in KB Aisyiyah III Baruga and describe the class classification of words spoken by children in KB Aisyiyah III Baruga. The method used in this study is a qualitative descriptive method. The data in this study are in the form of vocabulary spoken by children in KB Aisyiyah III Baruga. Data collection uses the speaking and listening method while the data collection technique uses elicitation, recording, and note-taking techniques. The data collected were analyzed using psycholinguistic methods, then data analysis was carried out through data identification, data presentation, and concluding. Based on the results of data analysis, it can be stated that the number of vocabulary used by children 0-6 years is different from one another. The types of Indonesian vocabulary used by children are 27 types of vocabulary that refer to concrete or real things. Children's vocabulary covers almost all classes of Indonesian words, namely nouns, verbs, adjectives, adverbs, pronouns, numerals, prepositions, and conjunctions. However, the dominant a word-class used is nouns.

Keywords: vocabulary, word class, children

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kosakata yang digunakan oleh anak-anak di KB Aisyiyah III Baruga dan mendeskripsikan klasifikasi kelas kata yang diucapkan oleh anak-anak di KB Aisyiyah III Baruga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kosakata yang dituturkan oleh anak-anak di KB Aisyiyah III Baruga. Pengumpulan data menggunakan metode cakap dan simak, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik elisitasi, rekam, dan catat. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode psikolinguistik. Selanjutnya, analisis data dilakukan melalui identifikasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan bahwa jumlah kosakata yang digunakan anak 0-6 tahun berbeda antara satu dengan yang lain. Jenis  kosakata bahasa Indonesia yang digunakan anak sebanyak 27 jenis kosakata yang mengacu pada hal-hal konkret atau nyata. Kosakata anak mencakup hampir seluruh kelas kata bahasa Indonesia, yaitu nomina, verba, adjektiva, adverbia, pronomina, numeralia, preposisi, dan konjungsi. Namun, kelas kata yang dominan digunakan adalah nomina.

 

Kata kunci: kosakata,  kelas kata, anak-anak

Referensi

Adhani, A. (2017). Kosakata Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Textium.
Chaer, A. (2003). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, A. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dahidi, S. & A. (2014). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta Pusat: Kesaint Blanc.
Dardjowidjojo, S. (2014). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Hidayah, Y. F. N. (2017). Pemerolehan Kosakata Anak Usia 3-6 Tahun Di Pg-Tk Aisyiah Bhustanul Atfhal 25 Wage-Sidoarjo. Jurnal, 1(2), 143–153.
Keraf, G. (1985). Tata Bahasa Indonesia. Flores: Nusa Indah.
Kushartanti, Untung Yuwono, dan M. R. L. (2009). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia.
Maksan, M. (1993). Psikolinguistik. Padang: IKIP Padang Press.
Rahmawati, Diah, D. (2012). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia pada Anak Usia Prasekolah. Digital repository Universitas Negeri Malang.
Saddhono, K. (2015). Teori dan Aplikasi: Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Solo: CakraBooks.
Soedjito. (1992). Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Sudaryanto. (2005). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Tarigan dkk. (1998). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.
Yani, T. A., & Irma, C. N. (2021). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Masa Pandemi Pada Siswa Sd Negeri 02 Pengarasan Kecamatan Bantarkawung. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.9084

Diterbitkan

2021-12-17