Online Learning from Home with Cisco Webex

Penulis

  • Soelis Setyoningrum Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/AKSIS.050210

Kata Kunci:

learning from home, online learning, Cisco Webex

Abstrak

This article aims to evaluate the use of online learning application named Cisco Webex. Cisco Webex allows users to meet online, collaborate, and share content. Cisco Webex provides a breakthrough in disseminating home learning using Webex meetings. The home learning approach can certainly cause students to miss the opportunity to understand the subject matter more deeply the subject matter and not all parents have the ability to provide understanding for their children. To overcome this problem, schools utilizesmany online learning methods and one of it is Cisco Webex application which is intended to facilitate the students to learn at home during this pandemic outbreak.

 

Keyword: learning from home, online learning, Cisco Webex

 

 

Abstrak

 

Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan rumah belajar secara daring dengan Cisco Webex sebagai pembelajaran daring Cisco Webex memungkinkan pengguna untuk bertemu secara daring, berkolaborasi dan berbagi konten. Cisco Webex memberikan terobosan di dalam menyebarluaskan Rumah Belajar dengan menggunakan Webex Meetings. Pendekatan pembelajaran di rumah pastinya dapat menyebabkan siswa kehilangan kesempatan untuk memahami dan mengerti dengan lebih dalam materi pelajaran yang diberikan dan tidak semua orang tua punya kemampuan untuk memberikan pemahaman kepada putra atau putrinya. Untuk mengatasi hal tersebut, sekolah kami memanfaatkan banyak cara pembelajaran daring melalui aplikasi Cisco Webex agar dapat memfasilitasi semua siswa untuk tetap dapat belajar di rumah, aman, nyaman, dan tentram.

 

Kata kunci: belajar dari rumah, pembelajaran daring, Cisco Webex

 

Referensi

Chaimeeboon, J., & Namee, K. (2017). Implementation a WebEx Conferencing Testbed for DLIT Classroom. RMUTP Journal, 2(1), 1–10.

Dames, L., Royal, C., & Sawyer-Kurian, K. (2016). Active Student Engagement through the Use of WebEx, MindTap, and a Residency Component to Teach a Masters Online Group Counseling Course (J. Keengwe & P. H. Bull (eds.)). IGI Global.

Dewi, D. S. (2020). Mengenal Aplikasi Cisco Webex Meeting untuk Konferensi Video. Tirto. https://tirto.id/mengenal-aplikasi-cisco-webex-meeting-untuk-konferensi-video-fDnz

Edavos. (n.d.). Cara Pemakaian Aplikasi Tatap Muka Webex Meetings. Edavos. https://edavos.com/webex-meetings/

Harie, S., Rizkiyah, N., & Narsih, D. (2020). Pengaruh Metode E-Learning Menggunakan Cisco Webex terhadap Pendidikan BioPreneur di SMA Bakti Idhata. Prosiding SINASIS: Seminar Nasional Sains, 587–596.

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95–105. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Kukulska-Hulme, A., & Traxler, J. (2005). Mobile Learning: A Handbook for Educators and Trainers. Routledge.

Mulyono, H. (2020). Menggunakan Quipper sebagai Platform Online untuk Mengajar dan Belajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Jurnal Caraka, 6(1), 18–27.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran di Tengah Pandemi pada Siswa SMA. JIITUJ: Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–173. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Siswanto, R. A. (2021). Cara Pakai Webex untuk Meeting. Pricebook. https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/2020/05/08/9974/cara-pakai-webex-untuk-meeting

Srithar, U., & Divya, S. (2015). Learning at Your Own Pace: M-Learning Solution for School Students. International Journal of Information and Electronics Engineering, 5(3), 216–224. https://doi.org/https://doi.org/10.7763/IJIEE.2015.V5.533.

Sugian, N. (2020). Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.

Taher, J. A. R. H. T. M. S. (2020). The Effectiveness of Class Discussion Learning Method by Using Cisco Webex Application in Improving Students’ Speaking Skills and Learning Outcomes at The English Language Department of University of Muhammadiyah Tangerang. IJLECR: INTERNATIONAL JOURNAL OF LANGUAGE EDUCATION AND CULTURE REVIEW, 6(1), 69–73. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/IJLECR.061.09

Warsita, B. (2018). Mobile Learning sebagai Model Pembelajaran yang Efektif dan Inovatif. Jurnal Teknodik, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.452

Webex. (n.d.). Introduction to Cisco Webex. Webex. https://www.webex.com/

Diterbitkan

2021-12-24