PERSEPSI GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP PUISI LAMA GURINDAM
DOI:
https://doi.org/10.21009/AKSIS.010201Kata Kunci:
teachers perception, old literary, gurindam, Gurindam Dua BelasAbstrak
The purpose of this research is to obtain a description of the perception of secondary school teachers to gurindam as the old Indonesian literary genre. In addition, also to know the implication of learning it on school. This research use descriptive qualitative method which type expost facto. Data were obtained through questionnaries distributed Indonesian language teachers in secondary school in Jakarta. The focus of this research is the perception of teachers reflected by categories of knowledge, appreciation, and practical. This research data showing that teachers perception of gurindam are positive, based on the high gurindam and willingness of teachers to keep teaching gurindam eventhough in the Curriculum 2013 no longer explicitly written as well as pantun and syair. Research on teacher perception of gurindam is useful for learning and education both formal and nonformal especially in secondary education in Indonesia.
Keywords: teachers perception, old literary, gurindam, Gurindam Dua Belas
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang persepsi guru sekolah menengah terhadap gurindam sebagai sastra lama Indonesia bergenre puisi. Selain itu, juga untuk mengetahui implikasi pembelajarannya di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berjenis expost facto. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada guru pengajar Bahasa Indonesia di sekolah menengah di wilayah Jakarta. Fokus penelitian ini ialah persepsi guru yang terefleksi berdasarkan kategori pengetahuan, apresiasi, dan praktikal. Penelitian ini menghasilkan data yang menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap gurindam ternilai positif, didasari dengan tingginya pengetahuan dan kesediaan guru untuk tetap mengajarkan gurindam meskipun dalam Kurikulum 2103 tidak lagi secara eksplisit dituliskan seperti halnya pantun dan syair. Penelitian mengenai persepsi guru terhadap gurindam ini bermanfaat bagi pembelajaran dan pendidikan baik formal maupun nonformal, khususnya pada jenjang pendidikan menengah di Indonesia.
Kata kunci: persepsi guru, sastra lama, gurindam, Gurindam Dua Belas