PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN BAHASA INDONESIA DI KELAS AWAL

Authors

  • Asep Muhyidin

DOI:

https://doi.org/10.21009/BAHTERA.152.01

Keywords:

pembelajaran membaca, menulis permulaan, etnografi, learning of early reading and writing, ethnography

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai proses
pembelajaran membaca dan menulis permulaan bahasa Indonesia di kelas II Sekolah Dasar
Negeri Serang 2 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
etnografi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi berupa catatan lapangan, dan
studi dokumen. Data yang telah terkumpulkan dianalisis dengan teknik analisis kualitatif model
Spradley. Ada dua temuan dalam penelitian ini. Pertama adalah temuan tentang pendekatan,
metode, dan teknik dalam pembelajaran membaca permulaan yaitu: 1) pendekatan harfiah, bunyi,
suku kata, dan kata; 2) metode abjad, bunyi, suku kata, dan kata lembaga; dan 3) teknik teknik
ceramah, tanya jawab, latihan, pemberian tugas, dan demonstrasi. Kemudian yang kedua adalah
temuan tentang pendekatan, metode, dan teknik dalam pembelajaran menulis permulaan yaitu: 1)
pendekatan struktural, harfiah,dan suku kata; 2) metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), abjad,
dan Kupas Rangkai Suku Kata (KRSK); dan 3) teknik demonstrasi, ceramah, latihan, tugas, dan
tanya jawab.

The objective of the research was to gain comprehensively understanding of the early reading and
writing learning processes at grade II Public Elementary School Serang 2, Serang City at Banten
Province. The methods in this research is qualitative research with ethnography design. The data
were collected through participant observation using interview, observation, and document
study.The data were analyzed based There are two findings in this study. The first
is the finding of approaches, methods, and techniques in learning of early reading, such as: 1) the
approaches are literal, sounds, syllable, and word; 2) the methods are alphabet, sound, syllable,
and word institution; and 3) the techniques are discourse, discussion, practice, assignment, and
demonstration. Then the second is the finding of approaches, methods, and techniques in learning
early of writing, such as: 1) te approaches are structural, literal, and syllable; 2) the methods are
Structural Analytical Synthetic (SAS), alphabet, and analysis of syllable; and 3) technical
demonstration, discourse, assigment, and discussion.

Downloads

Published

2017-08-21

How to Cite

Muhyidin, A. (2017). PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN BAHASA INDONESIA DI KELAS AWAL. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 1–13. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.152.01