MODEL SILABUS BAHASA INDONESIA BERBASIS CLIL PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SD KOTA BENGKULU

Authors

  • Ria Ariesta

DOI:

https://doi.org/10.21009/BAHTERA.151.06

Keywords:

model, syllabus, CLIL, model silabus

Abstract

This study aimed at developing a syllabus design of the CLIL based Indonesian Language subject in Elementary School Level in Bengkulu City. This study used Gall and Borg's Research and Development method which has ten steps: needs identification, designing the syllabus for CLIL based Indonesian Language subject of Elementary School Level, expert review, product revision, small group field testing, product revision, large group field testing, product revision, implementation, and the final product. Data was gathered using documentation study, questionnaire, and interview. The expert review, field testing and implementation showed that the syllabus design was proper to be used by elementary schoolteachers to create lesson plan. The teachers' perception toward the syllabus design were: the syllabus design was helpjitl to create the RPF, it mapped spiritual attitude and social attitude for certain education level, it helped teachers to plan the learning focus on the learning content, skill, and language aspect, and the teacher understood the term cognition easier.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SD berbasis CLIL di Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dari Gall, Gall & Borg dengan sepuluh langkah penelitian: identifikasi kebutuhan, merancang model silabus BI SD berbasis CLIL, telaah pakar, revisi produk, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk, implementasi, dan produk akhir. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik studi dokumentasi, kuesioner, angket, dan wawancara. Berdasarkan telaah pakar, uji coba kelayakan, dan implementasi. Basil penelitian menunjukkan bahwa model silabus Bahasa Indonesia SD berbasis CLIL layak digunakan oleh guru SD untuk menyusun perencanaan pembelajaran, dan tanggapan guru terhadap silabus BI SD berbasis CLILini adalah lebih memudahkan guru untuk menyusun RPP; dapat memetakan karakter atau sikap spiritual dan sikap sosial untuk jenjeng pendidikan tertentu; membantu guru dalam membuat fokus pembelajaran pada isi pernbelajaran, keterampilan dan aspek kebahasaan; dan pemakaian istilah kognisi lebih mudah dipahami guru.

Downloads

Published

2017-08-31

How to Cite

Ariesta, R. (2017). MODEL SILABUS BAHASA INDONESIA BERBASIS CLIL PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SD KOTA BENGKULU. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 59–67. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.151.06