MODEL MATERI AJAR MEMBACA CEPAT BAHASA INGGRIS BERDASARKAN SQ3R (Penelitian dan Pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Kristen Indonesia Jakarta)

  • Masda Surti Simatupang
Keywords: model materi ajar, membaca cepat, SQ3R

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model materi ajar membaca cepat dalam bahasa Inggris yang ditujukan untuk mahasiswa semester 4 yang sedang mengambil mata kuliah Reading Comprehension IV Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia (FKIP UKI) di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development IR&D). Artinya, hasil akhir dari penelitian ini nantinya diharapkan akan menghasilnya suatu produk pendidikan. Tahapan-tahapan penelitian adalah, pertama penelitian awal terdiri dari mempelajari dokumen dan melakukan analisis kebutuhan; kedua, mengembangkan model materi ajar berdasarkan hasil dari penelitian awal; ketiga, mengujicoba model yang dihasilkan, kemudian merevisinya sehingga dihasilkan model materi ajar yang final. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah model materi ajar English Speed Reading Using SQ3R yaitu materi ajar yang terdiri dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS), buku materi ajar untuk 6 pertemuan, dan CD yang berisi PowerPoint untuk 6 pertemuan. Ciri khas dari materi ajar ini adalah teori pembelajaran membaca cepat yang langsung dipraktekkan dalam latihan-latihan menggunakan metode SQ3R yang terdapat pada setiap pertemuan. Dengan latihan tersebut diharapkan mahasiswa dapat melatih diri untuk membaca cepat, berkonsentrasi, dan dapat mengerti isi bacaannya.

Published
2017-08-31
How to Cite
Simatupang, M. S. (2017). MODEL MATERI AJAR MEMBACA CEPAT BAHASA INGGRIS BERDASARKAN SQ3R (Penelitian dan Pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Kristen Indonesia Jakarta). Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 99-106. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.151.09