MIND MAPPING UNTUK MEMPERKAYA KOSAKATA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK

  • Wiwik Yully Widyawati Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Method, Mind mapping, Vocabulary

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Mind mapping terhadap hasil belajar kosakata bahasa Inggris siswa kelas V Sekolah Dasar. Model penelitian ini menggunakan metode mirip eksperimen dengan tes pilihan ganda sebanyak 25 butir mengenai kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan teknik pengambilan sampling secara random sampling terpilih sebanyak 29 siswa sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikan 0,05.Setelah peneliti meneliti Pengaruh metode Mind mapping terhadap hasil belajar kosakata bahasa Inggris, akhirnya peneliti mendapatkan kesimpulan dengan membandingkan nilai t hitung sebesar 7,19 dan t tabel 1,67 ( thitung > t tabel), berarti hipotesis yang peneliti ajukan diterima yaitu ada pengaruh metode Mind mapping yang signifikan terhadap hasil belajar kosakata bahasa Inggris. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menggunakan metode Mind mapping untuk memperkaya kosakata bahasa inggris.
Kata Kunci : Metode, Mind mapping dan Kosakata Bahasa Inggris
Abstract
The purpose of the study is to know the effect of Mind mapping method toward the result of English Vocabbulary study for fifth grade the students of Elementary School. This method used experimental method. The writer used option test as the instrument. The sampling technique that was used in this research was random. The writer took twenty-nine students as sample. The data was analyzed by using t-test on the significance level ï¡= 0.05.After the researcher had done the research about the effect of Poster’ Media toward the result of vocabulary, the researcher got the conclusion by comparing the value of t-value = 7.19 and t-table =1.67 (t-value>t-table). It meant that the hypothesis which the researcher observed is accepted; there is the effect of Mind mapping method toward the result of English vocabulary . So the teacher is suggested to use the Mind mapping method to enrich the vocabulary.
Key words: Method, Mind mapping, and Vocabulary

Author Biography

Wiwik Yully Widyawati, Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Indraprasta PGRI

Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

Published
2017-02-13
How to Cite
Yully Widyawati, W. (2017). MIND MAPPING UNTUK MEMPERKAYA KOSAKATA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 112-124. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.161.010