KONFLIK SOSIAL PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL I AM MALALA KARYA CHRISTINA LAMB

Authors

  • ANIS SETIYANTI PascaSarjana Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/BAHTERA.142.01

Keywords:

Novel, Social Conflict, main figure, Sociologi Literary

Abstract

Abstract: This study aims to reveal information about the forms, causes, and the completion of social conflicts described by the author in the novel "I am Malala" by Christina Lamb. Research has been conducted in Jakarta from July 2014 through the month of August 2015. This study uses descriptive qualitative   content analysis method using sociological approach literature both of the focus of research, ask questions, data collection, verification of the validity of the data, analyzing, interpreting, find, verify, and concluded. The results show that this novel contains positive values ​​that can be used as a reference to examine the contents of the novel literature and attached to public life, although it contains about social conflict. Based on the research results, it is suggested that the novel "I am Malala," by Christina Lamb could be a medium in teaching social values ​​and working to tackle the problem of social conflict on students happens in literary learning process.

Keywords: Novel, Social Conflict, main figure and Sociologi Literary.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan berbagai informasi tentang bentuk-bentuk, penyebab, dan penyelesaian terhadap konflik sosial yang dijelaskan oleh penulis dalam novel “I Am Malala,†Karya Christina Lamb.  Penelitian   telah dilakukan di Jakarta dari bulan Juli 2014 sampai   dengan bulan Agustus 2015.   Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi menggunakan pendekatan sosiologi sastra baik dari fokus penelitian, mengajukan pertanyaan, pengumpulan data, verifikasi   keabsahan data, menganalisis, menafsirkan, menemukan, memverifikasi, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini mengandung   nilai-nilai   positif   yang dapat dijadikan acuan untuk menelaah sastra dan isi novel tersebut lekat dengan kehidupan masyarakat, walaupun berisi tentang konflik   sosial. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bahwa novel   “I am Malala,†karya   Christina Lamb bisa   menjadi media dalam mengajar nilai   sosial dan dapat berupaya   menangani    masalah konflik   sosial     pada   anak    didik   yang   terjadi dalam proses pembelajaran kesusastraan.

 Kata Kunci: Novel, Konflik Sosial, Tokoh Utama, dan Sosiologi Sastra.

Downloads

Published

2017-04-02

How to Cite

SETIYANTI, A. (2017). KONFLIK SOSIAL PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL I AM MALALA KARYA CHRISTINA LAMB. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 103–119. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.142.01