PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI LESSON STUDY

Authors

  • Siti Halidjah Dosen Program Studi PGSD FKIP Universitas Tanjungpura Jalan Prof.Dr.I I.I ladari Nawawi Pontianak 78124

DOI:

https://doi.org/10.21009/BAHTERA.141.05

Keywords:

Writing skills, scientific papers, lesson study

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang peningkatan keterampilan menulis makalah melalui lesson study pada mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Untan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus.Setiap siklus dilaksanakan empat kali pertemuan. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar wawancara, kuesioner, dan lembar pengamatan. Data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis makalah. Sumber data dalam penelitian adalah peristiwa pembelajaran menulis makalah melalui lesson study mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Untan. Hasil penektian menunjukkan data awal nilai rata-rata keterampilan menulis makalah mahasiswa adalah 158,6 (kategori kurang). Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan lesson study di siklus I, nilai rata-rata keterampilan menulis makalah meningkat menjadi 298,8 (kategori baik). Pada siklus II, nilai nilai rata-rata keterampilan menulis makalah mengalami peningkatan lagi menjadi 341,8 (kategori sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lesson study dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa PGSD FKIP Untan.

Kata Kunci: Keterampilan menulis, karya ilmiah, lesson study

Abstract

This research aims to find a deep understanding of the improvement of scientific writing skills through lesson study on students of PGSD FKIP Untan. This research usesan action researchapproach in twocycles. The data in this research was divided into two, namely quantitative and qualitative. The qualitative data wereobtainedthrough interview, questionnaires, and observation sheets. The quantitative data wereobtained from the results of scientific writing test. The data in this research were the scientific writing learning through lesson study on the students of PGSD FKIP Untan. The results showed that the initial average score of students paper writing skill was 158.6 (average category). After learning through the lesson study in the first cycle, the average score of writing skills improved to 298.8 (good category). In the second cycle, the average score of paper writing skills also improved to 341.8 (very good category). The result indicates that the use of lesson study in learning can improve the scientific papers writing skills of PGSD students of FKIP Untan.

Keywords: Writing skills, scientific papers, lesson study

 

Downloads

Published

2015-07-30

How to Cite

Halidjah, S. (2015). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI LESSON STUDY. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1), 47–54. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.141.05